Proteksi Ekosistem Digital, BSSN dan Huawei Dukung Keamanan Siber


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Keamanan siber telah menjadi isu prioritas bagi setiap negara, seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan kehidupan bernegara.

Ancaman yang semakin meningkat baik volume maupun kompleksitasnya perlu diantisipasi dengan kegiatan edukasi yang mendukung transfer of knowledge terkait cybersecurity bagi generasi penerus bangsa.

Diprakarsai oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), CyberHub Fest 2022 merupakan bentuk kolaborasi nyata antara ekosistem quad-helix yang mencakup pemerintah, komunitas, akademisi, dan pelaku industri.

Acara ini diharapkan dapat berkontribusi pada literasi keamanan digital dan lingkungan dunia maya dengan keamanan dan keandalan yang tinggi, serta menjadi pendorong daya saing dan inovasi di bidang keamanan siber. CyberHub Fest 2022 menghadirkan keynote speaker antara lain Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Kepala BSSN; Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia; Marsda TNI Arif Mustofa, Deputi VII Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan; Alex Budiyanto, Ketua ACCI; dan Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, Rektor IT Del.

Keamanan siber merupakan faktor pendukung inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan sosial. Tantangan dan peluang di dunia maya akan terus berkembang, artinya diperlukan kolaborasi dan inovasi yang intensif dari setiap elemen yang terlibat di dalamnya. Kolaborasi keamanan siber nasional menjadi kunci utama dalam membangun ruang siber yang aman dan kondusif. 

"Upaya bersama membangun dan memajukan industri keamanan siber nasional diwujudkan secara digital melalui Cyberhub.id yang resmi diluncurkan pada Januari 2021 untuk mempertemukan pemerintah, pelaku industri, akademisi, dan masyarakat, dalam membentuk ekosistem keamanan siber di Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 30 webinar dan kolaborasi antara instansi pemerintah seperti BSSN dan Kementerian Perindustrian; perusahaan industri seperti Huawei serta asosiasi dan beberapa platform digital telah dilakukan,” kata Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Kepala BSSN, dalam kata pengantar pembukaan CyberHub Fest 2022.

Sebelumnya, BSSN dan Huawei telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang mencakup pembelajaran lanjutan, sertifikasi profesional, dan peningkatan kompetensi di bidang keamanan siber.

“Apresiasi saya kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah memberikan kontribusinya, dan saya berharap sinergi yang terjalin akan mendorong kemajuan dan kemakmuran bangsa dan negara,” ujar Hinsa Siburian.

Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia mengatakan, “Kita perlu membangun kapabilitas kolektif, menggabungkan kekuatan, mulai dari tata kelola, standar, dan teknologi, hingga verifikasi. Sebagai sebuah komunitas, kami juga dapat secara efektif memperkuat keamanan siber dan perlindungan privasi melalui berbagi pengetahuan tentang praktik terbaik dan membentuk koalisi yang lebih erat. Huawei secara konsisten membagikan pengetahuan dan praktik terbaiknya seperti Huawei Product Security Baselines, OIC-CERT Security Framework, dan 5G Cyber ​​Security Knowledge Base yang dikembangkan oleh GSMA dengan komunitas.”

“Selama 22 tahun Huawei di Indonesia sejauh ini, kami selalu menempatkan keamanan sebagai pilar utama inovasi teknologi dan aktivitas sosial yang kami hadirkan. Dukungan Huawei terhadap CyberHub Fest selama dua tahun berturut-turut merupakan bentuk nyata komitmen kami terhadap keamanan siber, tidak hanya dari segi teknologi, tetapi juga dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Huawei berharap setiap pemangku kepentingan dapat bekerja sama untuk mendukung BSSN dalam memperkuat garda terdepan keamanan siber,” tutur Jacky Chen.

Deputi VII Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal Udar Arif Mustofa juga menjelaskan bahwa selain darat, laut dan udara, dunia maya merupakan domain baru di bidang pertahanan dan keamanan yang sangat penting bagi kedaulatan negara. Kolaborasi antar pemangku kepentingan sangat diperlukan untuk membangun benteng keamanan dunia maya yang kuat agar mampu menghadapi ancaman yang ada.

"Mengingat keamanan siber telah menjadi isu prioritas bagi semua negara di dunia, maka dukungan ekosistem digital global yang diwakili oleh Huawei sangat mendesak dan krusial, guna meningkatkan kapasitas dan mengadopsi praktik terbaik global. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan menyambut baik berbagai inisiatif antara lain sharing knowledge dalam acara CyberHub Fest 2022, serta segala bentuk kerjasama lainnya yang bermanfaat untuk memperkuat keamanan siber Indonesia,” tambah Arif Mustofa.

“Sebagai institusi pendidikan tinggi yang fokus pada teknologi, IT Del telah bekerja sama dengan para pemangku kepentingan termasuk pemerintah dan pelaku industri. Kerjasama ini diwujudkan melalui kerjasama tripartit antara BSSN, Huawei, dan IT Del untuk membangun cybersecurity hub yang diharapkan dapat menjadi pusat penelitian dan pengembangan cybersecurity bagi seluruh perguruan tinggi di tanah air,” kata Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, Rektor IT Del menjelaskan.

“Hari ini IT Del berkesempatan kembali berkolaborasi dengan BSSN dan Huawei melalui ajang CyberHub Fest 2022. Selain mendukung transfer ilmu dan teknologi, keikutsertaan IT Del dalam CyberHub Fest 2022 diharapkan dapat membuktikan kesiapan sivitas akademika sebagai salah satu pemangku kepentingan untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka pendidikan keamanan siber,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr. Sulistyo, Direktur Keamanan Siber dan Strategi Kripto, BSSN mengatakan, “Optimalisasi framework berupa standar keamanan tertinggi di bidang keamanan siber yang digagas dan disepakati secara global harus mengutamakan kepentingan nasional dimana dalam pelaksanaannya pemerintah bekerjasama dengan pelaku industri untuk mendukung Strategi Keamanan Siber Nasional. CyberHub Fest 2022 yang didukung oleh Huawei sangat penting dan bermanfaat sebagai bentuk kerjasama antara Pemerintah dan swasta.”


Bagikan artikel ini