Kolaborasi PT INTI dan PGNCOM untuk Kembangkan Solusi IoT dan ICT


IOT

Ilustrasi IOT

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT INTI jalin kerja sama strategis dengan PT PGAS Telekomunikasi Nusantara (PGNCOM) untuk sepakat mengembangkan solusi berbasis internet of things (IoT) dan information and communication technology (ICT).

“Kedua belah pihak memiliki semangat yang sama untuk menghasilkan produk dan layanan multi-benefit untuk multi-customers dengan kecepatan, kenyamanan, dan kemudahan yang hanya bisa terpenuhi dengan sistem yang terdigitalisasi,” kata Direktur Utama PT INTI Edi Witjara dalam keterangan resminya, melansir dari Investor.id, Senin (10/10/2022).

Rencananya, kedua belah pihak akan menjalin kerja sama dalam pemanfaatan produk dan layanan dari PT INTI untuk mendukung perkembangan solusi IoT dan ICT dari PGNCOM. Beberapa di antaranya melalui perangkat sistem Smart Meter Gas, e-KTP Reader, dan solusi strategis lainnya untuk menjadi nilai tambah.

Edi pun menuturkan, bahwa sinergi ini memiliki semangat untuk kemandirian perusahaan dalam negeri di bidang teknologi. Hal ini sekaligus untuk mengurangi angka impor, terutama pada aspek yang berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat secara langsung.

Sementara berkaitan dengan solusi Smart Meter Gas dari PT INTI, Direktur Bisnis PT INTI Teguh Adi Suryandono mengutarakan bahwa perusahaan memiliki ruang eksplorasi untuk peningkatan kapasitas produksi Smart Meter Gas per bulannya. Hal ini terutama dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) Smart Meter Gas yang berada di atas 40% sehingga dapat menjadi sinergi yang komprehensif.

“Kapasitas terpasang masih bisa ditingkatkan, karena lini eksisting masih beroperasi dengan satu shift. Ini bisa jadi ruang eksplorasi untuk peningkatan kapasitas per bulan dari Smart Meter Gas,” kata Teguh.

Pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga sendiri merupakan salah satu program prioritas nasional yang bertujuan untuk diversifikasi energi, pengurangan subsidi, penyediaan energi bersih dan murah, hingga pengurangan penggunaan minyak bumi.

PT INTI sendiri juga akan menyuplai kebutuhan e-KTP Reader untuk PGNCOM, yang sudah sesuai dengan standar Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perangkat Pembaca dan Penulis serta Perangkat Pembaca Kartu Tanda Penduduk Elektronik.


Bagikan artikel ini