Kemenperin Berencana Bangun Pusat Inovasi dan Pengembangan SDM Industri 4.0 Tahun 2021


Dirjen KPAII Kemenperin Dody Widodo

Dirjen KPAII Kemenperin Dody Widodo

Kementrian Perindustrian (Kemenperin) berencana untuk membangun pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0 pada tahun 2021. Rencana pembangunan ini mengalami pergeseran setelah sebelumnya direncanakan tahun 2020.

Pembangunan pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0 sendiri rencananya akan dibangun di daerah Permata Hijau, Jakarta.

“Harusnya tahun ini kita buat, namun karena menghadapi pandemi COVID-19 maka Kemenperin menggeser ke tahun depan, yakni kita berencana untuk membangun pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII), Dody Widodo dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Dody mengatakan, tempat tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pusat inovasi dan pengembangan SDM saja, namun juga akan menjadi tempat bagi masyarakat Indonesia melihat percontohan atau lighthouse dari industri makanan, berat, dan jenis industri lainnya.

Masing-masing jenis industri tersebut kemudian menjadi contoh bagi para pelaku industri di Indonesia yang bisa diterapkan.

Pembangunan pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0 ini merupakan bagian dari implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 pemerintah. Pusat inovasi dan pengembangan SDM ini juga mendukung transformasi menuju industri 4.0 dengan lima pilar.

Pertama, yaitu showcase, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran industri terhadap pentingnya industri 4.0. Kedua, pusat pelatihan untuk membangun keahlian dalam penerapan teknologi 4.0. Ketiga, pilar ekosistem yang menghubungkan para pemangku kepentingan industri. 

Pilar keempat, yaitu berperan sebagai delivery center dalam transformasi para perusahaan industri menerapkan teknologi industri 4.0. Pilar terakhir, yaitu pilar inovasi melalui berbagai proyek uji coba dan brokerage di sektor industri.