Qlue Jalin Kolaborasi dengan Central Group, Implementasikan Kawasan Smart City Pertama di Batam


Ilustrasi Smart City

Ilustrasi Smart City

Qlue yang merupakan perusahaan penyedia ekosistem smart city di Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Central Group, perusahaan properti terkemuka di Indonesia untuk mendukung sistem tata kelola perumahan pintar yang terintegrasi, untuk menghubungkan antara penghuni dengan pengelola.

Kerja sama dengan Central Group ini pun merupakan bagian dari komitmen Qlue untuk menghadirkan sistem pengelolaan properti berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang cerdas dan terukur.

President Qlue Maya Arvini mengungkapkan, bahwa implementasi pengelolaan kawasan hunian cerdas berbasis aplikasi ini memanfaatkan solusi Qlue Township Management. Melalui solusi ini, Qlue menghadirkan konsep 3S, yaitu Smart Cluster, Smart Community, dan Smart Home.

Ketiga konsep tersebut kemudian mendukung pengelolaan kawasan hunian cerdas, memberikan kemudahan akses pelayanan serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para penghuni di kawasan tersebut.

Kolaborasi Qlue dengan Centra Group ini pun memberikan kemudahan dan menghadirkan nilai tambah bagi penghuni kawasan dengan mengedepankan pelayanan dengan menggunakan aplikasi mobile.

Penghuni pun dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pihak pengelola terkait jasa layanan, aduan, serta kebutuhan akan akses informasi untuk aktivitas komunitas yang sesuai dengan minat penghuni. Kehadiran teknologi dari Qlue pun merupakan bagian dari visi mereka untuk menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat.

“Kami senang bekerja sama dengan Central Group, karena Qlue pun memiliki visi dan ambisi yang sama untuk mendorong terciptanya model smart living di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi di dalamnya,” kata Maya dalam keterangan resminya, melansir dari Kontan.co.id, Kamis (11/8/2022).

Maya pun menambahkan, penggunaan teknologi berbasis AI internet of things (IoT) untuk implementasi kawasan hunian pintar ini kemudian akan membantu kehidupan bermasyarakat. Kawasan hunian cerdas pun diharapkan dapat hadir di wilayah lainnya selain Batam.

Pengembangan kawasan hunian berbasis Smart Cluster ini nantinya akan memudahkan penghuni untuk memperoleh informasi terkini dari pengelola. Selain itu, penghuni juga bisa menyampaikan keluhan secara langsung terkait hunian, memantau kawasan melalui CCTV secara real time, hingga memberikan bantuan darurat melalui layanan panic button.

Sementara CEO Central Group Princip Mulyadi mengatakan, kerja sama ini akan membantu untuk meningkatkan nilai tambah bagi penghuni sehingga investasi properti yang dimiliki dapat memberikan nilai yang lebih optimal. Hal ini didorong oleh aspek kenyamanan, keamanan, dan kemudahan akses yang akan menjadi faktor utama untuk meningkatkan nilai properti.

Implementasi teknologi berbasis aplikasi ini bernama Central Connect, yang didukung oleh Qlue Township Management. Aplikasi ini pun membuat Central Connect menjadi yang pertama dalam menerapkan konsep kawasan hunian cerdas.

“Kami merasa antusias dalam kerja sama dengan Qlue, karena ini merupakan strategi pengembangan bisnis perusahaan untuk menghadirkan kawasan hunian cerdas bagi masyarakat dengan layanan yang cepat dan terukur. Kerja sama ini merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan kemudahan kepada para penghuni, sehingga layanan teknologi Central Group bisa diakses dan dinikmati dengan mudah,” ujar Princip.


Bagikan artikel ini