Robot Otonom Milik LG Sukses Selesaikan Uji Coba di Pabrik Baja


Ilustrasi Robot Humanoid

Ilustrasi Robot Humanoid

Dalam langkah menuju revolusi industri yang semakin cerdas, LG Electronics mencatat keberhasilan uji coba robot otonom berbasis kecerdasan buatan (AI) di pabrik baja Gwangyang milik POSCO. Robot ini berhasil menyelesaikan misi inspeksi fasilitas selama dua hari di ruang listrik pabrik, membuka potensi penggunaan luas dalam manajemen fasilitas tak berawak di lingkungan industri yang berbahaya.

Selama uji coba yang berlangsung pada Senin (13 November 2023) dan Selasa (14 November 2023), robot self-driving LG secara mandiri membentuk jalur patroli di ruang listrik yang luasnya lebih besar dari dua lapangan sepak bola. Mampu menghindari saluran air dan rintangan lainnya, robot ini melibatkan diri dalam pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai peralatan, termasuk kabel listrik, trafo, dan reaktor di seluruh ruang listrik.

Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara LG Electronics dan POSCO Holdings, sebagaimana tercantum dalam perjanjian bisnis yang ditandatangani pada bulan Mei. Dalam upaya untuk mengembangkan teknologi di bidang robot, AI, dan jaringan 5G, keduanya menjalani tahap demonstrasi pertama pada bulan Juli, menguji kemampuan pengendalian robot semi-otonom.

LG melengkapi robot dengan kamera dan sensor pendeteksi, termasuk jangkauan cahaya (LiDAR). Dengan informasi yang diperoleh dari sensor tersebut, robot dapat mengenali lingkungan sekitarnya dengan akurasi tinggi, bahkan dalam kondisi cahaya redup. Kemampuan ini diungkapkan oleh LG, "Robot ini memiliki tingkat pengenalan yang tinggi bahkan di lingkungan dengan cahaya redup, seperti ruang bawah tanah atau tempat di mana pagar pengaman dipasang di sekitar peralatan. Jika ia mendeteksi suhu abnormal di berbagai peralatan di ruang listrik menggunakan informasi suhu yang diperoleh dari kamera pencitraan termal, ia akan mengambil gambar dan mengirimkan peringatan ke ruang kendali".

Selain itu, robot ini tidak hanya beroperasi di lingkungan dengan suhu tinggi, seperti ruang listrik di pabrik baja, tetapi juga memiliki kemampuan pengendalian jarak jauh. Pekerja dapat memantau dan mengendalikan robot dari ruang kendali, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam operasionalnya.

LG dan POSCO menyatakan niat mereka untuk terus menggandeng teknologi pabrik pintar masing-masing, mempercepat penciptaan lokasi manufaktur yang lebih efisien dan aman. Kim Byoung-hoon, Chief Technology Officer LG Electronics, menegaskan, "Kami akan meningkatkan kemampuan teknologi kami lebih lanjut dengan memverifikasi teknologi pabrik pintar seperti robot, AI, dan komunikasi di berbagai lokasi manufaktur."


Bagikan artikel ini