RSD Health Gandeng GE Healthcare untuk Transformasi Digital


Transformasi Digital

Transformasi Digital

Ramsay Sime Darby (RSD) Health Indonesia secara resmi menjalin kerja sama dengan GE Healthcare untuk melakukan transformasi digital pada sistem radiologi yang terintegrasi dengan fitur teknologi terkini.

Vice President Information Technology RSD Health Indonesia Benedict Sulaiman mengatakan, bahwa RS Premier yang merupakan fasilitas kesehatan di bawah naungan RSD Health Indonesia telah menerapkan sistem PACS (Picture Archiving and Communication System) dari GE sejak 2014.

GE Healthcare kini telah melakukan inovasi pengembangan baru yang memungkinkan sistem PACS untuk tidak hanya menjadi solusi pengarsipan data pasien serta platform komunikasi berbasis web, tetapi juga terintegrasi dan dilengkapi pula dengan visualisasi. Selain itu, sistem ini juga terhubung dengan sistem penyimpanan komputasi awan atau cloud computing.

“Inovasi dan transformasi digital merupakan salah satu goal kami, RSD Health Indonesia untuk dapat meningkatkan kualitas layanan dan dapat membuka peluang-peluang kerja sama baru dengan para mitra penyedia layanan kesehatan lainnya,” kata Benedict dalam rilis resminya, melansir dari Bisnis.com, Jumat (24/6/2022).

Lebih lanjut, Benedict menjelaskan bahwa proses implementasi sistem PACS yang baru telah mengadopsi teknologi cloud computing. Hal ini kemudian memungkinkan rumah sakit perseroan untuk dapat saling mendukung dan berkomunikasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pasien.

Selain itu, kesempatan juga terbuka bagi Rumah Sakit RSD Health Indonesia untuk dapat memberikan layanan terhadap faskes lainnya yang masih membutuhkan bantuan dalam pembacaan radiologi.

“GE dalam komitmennya mendukung transformasi digital ini, menyediakan sistem PACS yang dilengkapi dengan aplikasi EDL [Edison Datalogue Connect],” ungkap Benedict.

Sementara Chief Operating Officer Healthcare Digital GE, Nalinikanth Gollagunta menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital radiologi di RSD Health, khususnya dalam implementasi PACS dan EDL yang terbaru, menggunakan cloud computing dengan estimasi total waktu yang dibutuhkan setidaknya 6-8 bulan ke depan.

Benedict kemudian mengungkapkan bahwa dengan adanya EDL, ke depannya RSD Health akan membuka peluang untuk PACS dapat dilihat oleh para dokter spesialis secara remote, bahkan dimungkinkan untuk dapat diintegrasikan dengan mobile application pasien.


Bagikan artikel ini