Rumah Pintar Indonesia Manfaatkan Teknologi IoT Pada Konsep Smart Home System


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat saat ini telah menghadirkan beragam solusi dalam setiap lini kehidupan kita. Seperti halnya pengimplementasian teknologi di rumah melalui smart home system yang dapat membuat kita lebih mudah dalam mengontrol setiap elemen penting di rumah. 

Mulai dari sistem keamanan, aktivasi peralatan elektronik, hingga memonitor penggunaan energi listrik yang sebelumnya bahkan sulit untuk dilakukan.

Melansir dari Republika, Direktur Rumah Pintar Indonesia Ritchie, menjelaskan, penerapan smart home system saat ini sudah menjadi solusi bagi masyarakat modern untuk memiliki hunian yang canggih, efisien, hemat, bahkan lebih menghibur. Karena itu, tak heran apabila saat ini banyak pengembang perumahan yang menawarkan konsep smart home sebagai hunian berkelas dengan menyediakan berbagai kemudahan di dalamnya.

Smart home system juga membuat hidup kita jauh lebih mudah karena semuanya serba otomasi dan dapat dikendalikan cukup dari genggaman. Kita dapat mengontrol penggunaan peralatan elektronik yang akan membuat hidup penghuninya jauh lebih berkualitas, karena dapat menerapkan hidup go green melalui penghematan energi yang lebih komprehensif, yang tentunya juga berdampak pada penghematan biaya," kata Ritchie, Selasa (21/9).

Ritchie menilai smart home system sangat penting untuk diterapkan di hunian masyarakat modern. Sebab bukan hanya dapat memberikan kemudahan, melainkan juga memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi penghuninya.

Ia mencontohkan, hunian berkonsep smart home akan meminimalisir penghuni rumah menyentuh berbagai peralatan elektronik secara langsung sehingga membuat penghuni lebih aman di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Saat ini masyarakat pun dapat menerapkan smart home system di seluruh jenis hunian, bahkan yang belum berkonsep smart home sekalipun. Hal itu dimungkinkan dengan memanfaatkan smart home technology yang telah banyak dihadirkan oleh perusahaan-perusahaan inovatif terdepan, salah satunya Rumah Pintar Indonesia melalui merek ARBIT.

Melalui implementasi teknologi IoT (Internet of Things) terkini, kata dia, ARBIT menghadirkan beragam solusi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam berbagai hal. Di antaranya, Smart Plug yang memungkinkan setiap produk elektronik dapat terhubung dengan jaringan WiFiSmart Door Lock yang memudahkan pengguna untuk mengunci dan membuka pintu rumah cukup dari ponsel, Saklar Pintar, Smart Video Doorbell, WiFi Switch, Smart Infrared Remote, dan banyak lagi.

"Masih banyak yang beranggapan butuh biaya mahal untuk dapat mengaplikasikan smart home system di rumah. Padahal tidak selalu begitu. Informasi lebih lanjut mengenai ARBIT dapat diakses melalui https://rumah-pintar.id," kata dia. 


Bagikan artikel ini