Samsung Hadirkan SIC 2021 untuk Dukung Industri 4.0


Samsung Innovation Campus 2020

Logo Samsung

Samsung Electronics Indonesia hadirkan program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 2 - 2020/2021. Program ini bertujuan untuk mendukung industri 4.0 dengan membekali ilmu web programming bagi lulusan SMK.

Samsung Innovation Campus sendiri merupakan program yang telah dilaksanakan sejak Oktober 2020 lalu, dan merupakan inisiatif Samsung untuk berkontribusi pada pertumbuhan digitalisasi dengan memantapkan peran dalam menghadirkan generasi muda yang cakap digital.

"Program ini sekaligus bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus pada hard skill dan meningkatkan soft skill," kata Direktur Samsung R&D Institute Indonesia Risman Adnan M dalam acara virtual SIC, Kamis (28/10/2021).

Risman melanjutkan, bahwa dengan tetap berfokus pada pengembangan kemampuan dasar teknologi yang pada era industri 4.0 saat ini sangat dibutuhkan, SIC 2021 menekankan materi pelatihan pada pengembangan website sebagai platform dasar untuk informasi produk dan layanan.

Peserta pelatihan SIC 2021 juga mendapatkan materi mengenai Design Thinking, UX, dasar-dasar pemrograman website seperti HTML, CSS, Javascript, serta kemudahan akses networking komunitas belajar lintas sekolah.

Program pelatihan SIC 2021 sendiri diminati oleh 750 siswa SMK dari seluruh Indonesia. Namun, hanya 396 siswa dari 13 SMK yang terpilih untuk dapat mengikuti tahap pelatihan awal dalam bidang product development, web design, coding, dan web development.

Pada seleksi lanjutan untuk pelatihan intensif product development bootcamp, terpilih 46 siswa dari 13 tim yang berasal dari enam SMK di Indonesia. Sementara untuk tahap product development canvas dan pitching canvas, hanya terpilih lima tim terbaik dari 13 tim awal. Lima tim terbaik tersebut terdiri dari 19 siswa SMK.

Pada akhirnya, program Samsung Innovation Campus ini kemudian menitikberatkan komitmen sekolah mitra untuk menjadikan program ini sebagai program berkelanjutan. Harapannya, agar dapat terus mendukung generasi masa depan untuk menghadapi industri 4.0.


Bagikan artikel ini