Samsung Kembali Hadirkan Samsung Innovation Campus 2023/2024


Logo Samsung

Logo Samsung

Samsung Indonesia kembali menggelar Samsung Innovation Campus (SIC) dalam upaya mencetak lebih banyak talenta digital unggul untuk mendukung transformasi dan ekonomi digital Indonesia. Memasuki tahun kelima penyelenggaraannya, SIC Batch 5 2023/2024 mengambil langkah lebih maju dengan memperluas sasaran peserta, menyasar kelompok mahasiswa, dan memperkenalkan pelatihan terkait kecerdasan buatan (AI).

Tema yang diusung dalam SIC Batch 5 ini adalah "A Journey Towards a Sustainable Future" dengan fokus pada topik-topik krusial seperti Social issues & Wealth inequality, Education, dan Environment & Renewable energy. Langkah ini mencerminkan komitmen Samsung untuk tidak hanya menciptakan talenta teknologi, tetapi juga mengarahkannya untuk berkontribusi dalam pemecahan masalah sosial yang mendesak.

Peserta SIC Batch 5 akan mendapatkan pelatihan mendalam dalam teknologi terkini, termasuk Coding & programming, Internet of Things (IoT), dan yang paling menonjol, kecerdasan buatan (AI). Dengan total 140 jam pelatihan Coding & Programming, peserta akan diperkenalkan dengan berbagai konsep seperti Python programming & Libraries, probability & statistic, machine learning dan deep learning, Scratch, Rurple, C Programming, Arduino, dan Algorithm Problem Solving Basic.

Selain itu, SIC juga menyelenggarakan IoT Course selama 100 jam dengan materi yang mencakup IoT device, platform & data analysis, Linux & C&Java, Networks & protocols, Node.js & Sensor control, dan Python programming. Sementara itu, AI Course selama 100 jam akan memfokuskan peserta pada machine learning dan data learning, memberikan pondasi kuat untuk memahami konsep-konsep AI yang mutakhir.

Samsung Innovation Campus memperluas target peserta kepada mahasiswa dari berbagai jurusan dan menambahkan pembelajaran Artificial Intelligence dengan harapan bahwa program ini dapat berkontribusi dalam menyumbangkan talenta-talenta digital baru yang sesuai dengan kebutuhan industri dan juga menciptakan inovasi-inovasi untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang ada,” kata Ennita Pramono Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, dikutip Kamis, 28 Desember.

Sejak dimulai pada tahun 2019, SIC telah memberikan dampak positif dengan melibatkan 5.919 siswa dan 642 guru dari 341 SMK dan MA di seluruh Indonesia. SIC Batch 5 2023/2024 dijadwalkan berlangsung dari Desember 2023 hingga Juli 2024, memberikan peserta kesempatan untuk tidak hanya mendapatkan pengetahuan teknologi terkini, tetapi juga merancang inovasi dan prototipe produk teknologi untuk menanggapi tantangan dalam topik-topik yang diangkat. Samsung terus berkomitmen menjadi agen perubahan dalam membentuk masa depan digital Indonesia melalui inisiatif pendidikan yang inovatif dan relevan.


Bagikan artikel ini