Pertama di Dunia, Samsung Rilis Smart Monitor “Do-It-All”


Logo Samsung

Logo Samsung

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung membuat bekerja dari rumah semakin intens, maka dari itu banyak perusahaan teknologi yang memanfaatkan keadaan ini untuk memasarkan produknya dan berlomba-lomba menawarkan inovasi teknologi yang baru. Salah satunya dilakukan oleh Samsung dengan merilis perangkat pintar terbarunya, Samsung Smart Monitor.

“Samsung menawarkan inovasi yang memberikan fleksibilitas untuk melakukan bermacam aktivitas di berbagai ruangan rumah melalui satu perangkat,” kata Ellya, Head of Display Business Samsung Electronics Indonesia ketika merujuk pada WFH, Senin (11/1/2021).

Monitor cerdas ini diklaim Samsung sebagai monitor ‘do-it-all’ pertama di dunia. Hal ini karena produk tersebut merupakan monitor beresolusi tinggi yang menggabungkan monitor konvensional, portal hiburan dan media streaming, konektivitas mobile, serta kemampuan remote office yang semuanya terangkum dalam satu perangkat.

Melalui adanya teknologi tersebut, Smart Monitor menyajikan fleksibilitas yang tinggi bagi pelajar hingga kaum profesional. Terutama dalam mendukung mereka menjalani aktivitas bekerja, belajar, dan menikmati hiburan di era normal baru.

Smart Monitor didukung dengan Tizen OS khas Samsung, menjadi sebuah layar inovatif yang dapat mendukung berbagai aktivitas keluarga di rumah. Mulai dari melakukan pekerjaan, belajar, bahkan menonton hiburan favorit terbaru bisa dilakukan, bahkan tanpa perlu menyambungkannya dengan PC.

“Konsumen tidak lagi perlu menggunakan berbagai perangkat, karena Smart Monitor ini menyatukan semua kebutuhan tersebut,” tutur Ellya.

Perangkat ini bisa mmbuat konektivitas yang mudah dengan berbagai perangkat. Smart Monitor bisa dengan mudah dihubungkan dengan smartphone, laptop, bahkan PC tanpa perlu menggunakan sambungan kabel.

Pengguna bisa melakukan koneksi cukup dengan mengetukkan smartphone Galaxy ke monitor melalui fitur Tap View, App Casting, atau Screen Mirroring bagi perangkat Android. Smart Monitor juga dapat terhubung dengan perangkat smartphone lain dengan Apple AirPlay 2. Pengalaman desktop yang lebih lengkap pun dapat dilakukan dengan mengaktifkan Samsung DeX.

Samsung Smart Monitor memiliki fitur Remote Access yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai konten PC atau laptop secara nirkabel. Hal ini bisa membantu pengguna bekerja secara efisien dari mana saja.

Selain itu, adanya port USB Type-C memungkinkan pengguna melakukan transfer data dan daya hingga 65W hanya melalui satu koneksi. Opsi konektivitas juga lebih lengkap dengan adanya 3 port USB 2.0 dan Bluetooth 4.2.

Perangkat pintar ini juga dapat mendukung produktivitas bekerja dan belajar sekalipun tidak disertai dengan CPU. Smart Monitor yang didukung dengan Wi-Fi pun dapat menjalankan berbagai aplikasi Microsoft Office 365 sehingga pengguna bisa memeriksa, melakukan penyuntingan, dan menyimpan berbagai dokumen di server cloud.

Tidak hanya untuk mendukung aktivitas vital seperti belajar dan bekerja, Smart Monitor juga digadang-gadang sebagai perangkat hiburan yang lengkap. Hal itu karena pengguna bisa mengakses berbagai program hiburan di Smart Hub yang merupakan portal hiburan komprehensif ditenagai OS Tizen.

Teknologi Smart Monitor menjadi teknologi baru yang ditawarkan Samsung untuk mendukung bekerja dan belajar dari rumah, namun di saat yang sama juga menjadi sarana hiburan yang bisa dinikmati dengan mudah dan efisien. Februari 2021 mendatang, Smart Monitor ini akan dilengkapi dengan tipe M5 dan resolusi FHD.