SAP Indonesia: Teknologi Cloud Tawarkan Keuntungan Bagi UKM


Cloud Computing

Cloud Computing

SAP Indonesia meyakini bahwa transformasi digital penting untuk dilakukan oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengembangkan bisnis mereka. Hal ini agar UKM dapat melakukan adaptasi dan inovasi secara cepat sesuai dengan perkembangan teknologi. Salah satu teknologi yang kemudian memberikan banyak keuntungan adalah cloud computin.

SAP menegaskan bahwa cloud computing merupakan sebuah tren teknologi yang tidak terbendung di tengah gelombang digitalisasi yang berlangsung cepat saat ini. Pasalnya banyak pihak termasuk UKM dan UMKM yang membutuhkan cloud untuk melangsungkan operasional bisnis yang efisien.

“Implementasi cloud memberikan banyak manfaat bagi UKM, seperti meningkatkan produktivitas secara efektif dan efisien, menumbuhkan kolaborasi antar tim, serta memberikan keamanan dan transportasi dara. Proses yang lebih efisien ini akan membuat bisnis menjadi lebih cerdas dan sustainable,” jelas Industry Business Architect SAP Indonesia, Rian A. Sagara dalam keterangan resminya, melansir dari ValidNews.id, Kamis (15/12/2022).

Rian melanjutkan bahwa baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI memproyeksikan ekonomi digital di Indonesia akan mengalami pertumbuhan hingga Rp 4.531 triliun pada tahun 2030 mendatang, atau sekitar 42% dari ekonomi digital ASEAN. Proyeksi tersebut kemudian menuntut bisnis untuk bergerak lebih cepat.

Maka dengan adanya hal tersebut, SAP Indonesia sebagai perusahaan penyedia solusi proses bisnis kemudian mendorong kesadaran transformasi digital melalui implementasi teknologi cloud computing, yang dapat mendukung bisnis menjadi lebih adaptif dalam mengantisipasi perkembangan teknologi dan tantangan masa depan.

Cloud computing sendiri menawarkan banyak manfaat, seperti akses data yang lebih cepat, meningkatkan kolaborasi, hingga penghematan biaya operasional. Rian menyebut bahwa cloud dapat membantu perusahaan dalam skala apapun untuk dapat mempercepat transformasi digital, dengan mengintegrasikan data dan proses bisnis yang dapat diakses di mana dan kapan saja.

Menurut Rian, penggunaan cloud juga membuat biaya operasional lebih efisien dan fleksibel. Hal ini karena layanan yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan bisnis tidak perlu memiliki serta memperkirakan kebutuhan infrastruktur domestik seperti server.

“Transformasi digital yang dilaksanakan secara bertahap di Indonesia salah satunya memanfaatkan sistem cloud computing untuk memungkinkan efektivitas kerja dan mengurangi biaya operasional,” tambah Rian.

Penyimpanan data di cloud juga termasuk lebih aman, dengan data yang dapat diakses oleh karyawan dari mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan. Hal ini menjadikan teknologi cloud sebagai teknologi yang dapat mendukung kebutuhan usaha secara penuh.

“Tidak perlu khawatir terjadi penurunan produktivitas karena perkembangan juga dapat dipantau secara real-time. Letak geografis pun bukan lagi hambatan sehingga memudahkan untuk merekrut data terbaik yang dibutuhkan perusahaan,” pungkas Rian.


Bagikan artikel ini