SEGA Jajaki Penggunaan Cloud dari Microsoft untuk Game


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan game asal Jepang, SEGA Sammy Holdings menyebut pihaknya tengah melakukan eksplorasi strategis bersama Microsoft dalam pemanfaatan teknologi cloud computing atau komputasi awan untuk game.

SEGA sendiri tengah mencoba memanfaatkan platform cloud Microsoft, yaitu Microsoft Azure untuk penjajakan strategis ini. Namun jenis pengembangan yang dimaksud sendiri belum secara jelas digambarkan oleh SEGA.

“Tujuannya tentu untuk mengoptimalkan perkembangan dan juga terus memberikan pengalaman yang berkualitas kepada para penggemar game dengan menggunakan teknologi cloud dari Azure,” ungkap SEGA dalam pernyataannya seperti dilansir dari Reuters, Senin (1/11/2021).

Microsoft sendiri sebenarnya sudah memiliki inisiatif mengenai penggunaan teknologi gaming yang tersedia pada perangkatnya, yaitu XBOX yang dapat dilihat melalui XBOX Game Pass. Beberapa game dari SEGA pun tersedia pada layanan tersebut, seperti seri game ‘Yakuza’.

Melalui kehadiran teknologi cloud untuk bermain game, penggemar kemudian tidak lagi membutuhkan perangkat keras yang besar. Penggemar cukup menyediakan koneksi internet yang cepat untuk melakukan aktivitas bermain game.

Sementara kerja sama antara SEGA dan Microsoft sendiri sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Namun dengan adanya pengumuman pemanfaatan cloud Azure, kolaborasi keduanya pun berlangsung semakin kuat.

Terbaru, SEGA pun baru-baru ini merilis game XBOX miliknya yaitu ‘Persona’ dan ‘Total War’. SEGA juga terus berupaya untuk menarik masyarakat dan penggemar game untuk membeli produk game SEGA setelah menyerah dan meninggalkan produk konsol game yang sempat populer di masa lalu.


Bagikan artikel ini