Sam Altman Kembali ke OpenAI, Microsoft Menjadi Pengamat Dewan


Logo OpenAI

Logo OpenAI

Dalam pengumuman terkini, CEO Microsoft, Sam Altman, mengungkapkan bahwa Microsoft akan mengambil peran sebagai pengamat tanpa hak suara di dewan OpenAI. Posisi ini memungkinkan perwakilan Microsoft hadir dalam pertemuan dewan OpenAI dan mengakses informasi rahasia, tanpa memiliki keputusan suara, termasuk dalam pemilihan direktur.

Sebelumnya, CEO Microsoft, Satya Nadella, yang merekrut Altman setelah pemecatannya dari OpenAI, menekankan perlunya perubahan tata kelola di pembuat ChatGPT. Baru-baru ini, OpenAI memperkenalkan dewan baru dengan mantan co-CEO Salesforce, Bret Taylor, sebagai ketua, dan Larry Summers, mantan Menteri Keuangan AS. Adam D'Angelo, CEO Quora, yang ikut dalam pemecatan Altman, tetap menjadi anggota di dewan yang baru.

Meskipun Microsoft berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari 10 miliar dolar AS (Rp154 triliun) di OpenAI dan memiliki 49% saham perusahaan, mereka belum memberikan tanggapan terhadap permintaan komentar. Mira Murati, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) OpenAI dan menjadi CEO interim setelah pemecatan Altman, kembali menjabat sebagai CTO.

Altman, yang diberhentikan pada 17 November tanpa alasan yang jelas, kembali empat hari kemudian dengan janji adanya dewan yang baru. Greg Brockman, co-founder yang keluar bersama Altman, kembali sebagai presiden.

"Greg dan saya adalah mitra dalam menjalankan perusahaan ini. Kami belum sepenuhnya menemukan cara untuk menyampaikan hal itu dalam struktur organisasi, tetapi kami akan melakukannya," kata Altman.

Ilmuwan Utama OpenAI, Ilya Sutskever, tidak lagi menjadi bagian dari dewan. Awalnya terlibat dalam upaya untuk memberhentikan Altman, Sutskever kemudian menandatangani surat karyawan yang menuntut kembalinya Altman, dengan menyatakan penyesalannya atas "partisipasinya dalam tindakan dewan." Altman menyatakan bahwa perusahaan sedang mendiskusikan cara bagi Sutskever untuk melanjutkan pekerjaannya di OpenAI.

Selain Altman, Brockman, Sutskever, D'Angelo, dewan OpenAI sebelumnya terdiri dari pengusaha Tasha McCauley, Helen Toner, direktur strategi di Georgetown's Center for Security and Emerging Technology.


Bagikan artikel ini