Sharp Electronics Tingkatkan Layanan dengan Chatbot Berbasis AI


Ilustrasi Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

PT Sharp Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan layanan service center berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di akhir tahun 2021. Layanan yang bernama Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) ini merupakan chatbot yang dapat memberikan layanan informasi 24 jam bagi konsumen.

“SALLI dapat diakses dengan menghubungi WhatsApp bisnis Sharp di nomor 0811-8205-666. Konsumen cukup mengirimkan chat, lalu SALLI akan merespon dengan mengirimkan jawaban berupa opsi layanan,” jelas Customer Care Center Head PT Sharp Electronics Indonesia, Rita Sulistyani dalam keterangan resminya, Jumat (31/12/2021).

Opsi layanan tersebut berupa purna jual. Informasi program penjualan terkini, hingga layanan customer service. SALLI sendiri dapat memberikan informasi yang mendetail mengenai layanan purna jual selayaknya customer service yang dikelola oleh manusia.

Informasi dan layanan tersebut antara lain adalah permintaan layanan service, informasi lokasi service center Sharp, hingga jadwal kunjungan teknisi. Sistem SALLI juga dapat mencatat pendataan pada konsumen, produk yang digunakan, serta kebutuhan purna jual yang dibutuhkan oleh konsumen.

“Hadirnya layanan ini menjadi jawaban dari kebutuhan konsumen yang kesulitan untuk meluangkan waktunya pada jam kerja,” tutur Rita.

Menurut Rita, poin penting dari hadirnya SALLI adalah respon cepat yang diberikan serta pendataan yang akurat sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan komunikasi. Selain itu, efisiensi juga tidak hanya dirasakan dari konsumen, tetapi dari sisi manajemen juga.

Mengadopsi AI kemudian membantu Sharp untuk mengurangi biaya operasional baik dari segi teknis maupun non teknis. Alur kerja yang kemudian menjadi lebih ringkas dan sederhana membantu perusahaan untuk memberikan layanan prima bagi konsumen.

Sejak awal peluncurannya, SALLI telah digunakan oleh lebih dari 30.000 pelanggan Sharp di seluruh Indonesia, dan rata-rata menggunakan SALLI untuk menanyakan beragam informasi seputar fitur, proses perbaikan produk serta titik layanan offline.

“Hal ini tentunya disiapkan oleh Sharp Indonesia untuk dapat memuaskan konsumen setianya di seluruh Indonesia agar selalu merasa aman dan nyaman saat menggunakan produk-produk Sharp,” pungkas Rita.


Bagikan artikel ini