Transformasi BSD Jadi Smart City, Sinar Mas Land Gandeng G42


Ilustrasi Smart City

Ilustrasi Smart City

Perusahaan teknologi asal Uni Emirat Arab (UEA) Group 42 (G42) yang bergerak di bidang artificial intelligence (AI) dan cloud computing telah menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama dengan Sinar Mas Land. Kerja sama ini dilakukan untuk melakukan transformasi terhadap Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang, Banten untuk menjadi smart city di Indonesia.

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyampaikan bahwa melalui kerja sama dengan G42, Sinar Mas Land akan melakukan implementasi platform smart city serta smart campus yang berbasis Ai di BSD City.

“Kedua perusahaan akan mengembangkan layanan dan aplikasi di platform tersebut dalam pemantauan keamanan, akses gedung, pembayaran, perdagangan, pendidikan, periklanan, dan kesehatan,” kata Michael dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/11/2021).

Michael juga menyampaikan bahwa kedepannya, BSD City akan dijadikan benchmark untuk pengembangan smart city di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Ia mengatakan bahwa BSD City merupakan proyek ambisius Sinar Mas Land dengan peluang untuk bertumbuh besar, terutama dalam hal eksplorasi pengembangan masyarakat digital yang menjadi salah satu perhatiannya.

Maka dari itu, Sinar Mas Land kemudian sangat antusias terhadap kerja sama yang dijalin dengan G42. Hal ini dikarenakan kesamaan visi yang sama, yaitu untuk menjadi solusi industri bagi tantangan masa kini dalam menciptakan smart city atau kota pintar.

Group atau G42 sendiri yang berdiri pada 2018 memiliki orientasi terhadap pengembangan industri AI di seluruh sektor bisnis. Selain memberikan solusi industri, G42 juga bekerja menuju masa depan di mana AI akan menangani tugas-tugas umum yang dilakukan manusia. Hal ini disebut akan terjadi pada era Artificial General Intelligence.

“Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan pengembang properti kelas dunia seperti Sinar Mas Land dan bangga menjadi portofolio smart city mereka yaitu BSD City. G42 berkomitmen memanfaatkan AI dan kemampuan cloud computing untuk memaksimalkan potensi manusia,” kata Group CEO G42 Peng Xiao.

Peng Xiao pun menyampaikan bahwa pihaknya selalu bekerja dengan teknologi terbaik untuk dapat memberikan nilai terhadap dunia. Hal ini termasuk pula di BSD City, Indonesia dalam rangka pengembangan smart city.

G42 pun telah menjalin kemitraan dengan perusahaan terkemuka di dunia dalam melaksanakan transformasi digital. Proyek terbarunya adalah penggabungan dua pusat data atau data center dalam joint venture untuk menjadi penyedia pusat data terbesar di Uni Emirat Arab dengan kapasitas sebesar 300 MW.


Bagikan artikel ini