Sistem HR Berbasis Cloud: Inovasi untuk Produktivitas Perusahaan


Integrasi Cloud

Integrasi Cloud

Transformasi digital di sektor human resources (HR) telah menjadi kunci utama dalam menentukan tingkat pertumbuhan perusahaan di tahun 2024. Keberadaan teknologi telah membuktikan kemampuannya dalam memperkuat aspek rekrutmen, pemeliharaan, dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) yang berbakat dalam mengelola bisnis. Dalam konteks ini, kehadiran SDM yang handal dipandang sebagai elemen vital yang akan berdampak besar pada peningkatan produktivitas, inovasi, serta pertumbuhan ekonomi nasional.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menegaskan pentingnya SDM andal untuk mendukung kemajuan berbagai sektor industri. Hal ini telah menciptakan animo positif terhadap penggunaan teknologi di berbagai perusahaan lintas industri. Salah satu perusahaan yang menjadi perhatian adalah Mekari Talenta, yang menawarkan solusi HR berbasis cloud sebagai langkah strategis untuk meningkatkan otomasi dan efisiensi proses HR.

Kebutuhan akan Talent Pool Andal di Era Digital

Dalam pandangan Head of Business Mekari Talenta, Stevens Jethefer, kebutuhan perusahaan akan talenta yang andal, terampil, dan produktif di era digital tidak dapat dihindari. Mereka adalah aset berharga yang dapat membantu perusahaan meraih keunggulan kompetitif di pasar. Mekari Talenta sebagai penyedia software-as-a-service (SaaS) berbasis cloud telah menghadirkan rangkaian layanan dan fitur yang dapat meningkatkan pengaturan proses HR, termasuk dalam menganalisis kebutuhan tenaga kerja dan manpower planning.

“Di sinilah peran strategis human resource department (HRD) karena (mereka) bertugas untuk merekrut, meretensi, dan mengembangkan SDM sesuai kebutuhan perusahaan. Agar bisa membangun talent pool sesuai kebutuhan bisnis, HRD perlu melakukan transformasi digital dengan mengadopsi solusi HR berbasis cloud untuk mendorong otomasi dan efisiensi proses HR,” ungkap Stevens.

Fleksibilitas dan Skalabilitas Solusi HR Berbasis Cloud

Salah satu keunggulan utama dari solusi HR berbasis cloud adalah fleksibilitas dan skalabilitasnya. Solusi ini dirancang untuk membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan teknologi, termasuk di industri konvensional seperti sektor ritel, manufaktur, dan ekspedisi. Mekari Talenta menawarkan layanan berlangganan yang efisien dan dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran usaha, dari mikro, kecil, menengah (UMKM) hingga perusahaan besar.

Solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta tidak hanya menawarkan kemudahan dalam pengaturan dan konfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, tetapi juga mampu berintegrasi dengan software enterprise resource planning (ERP) untuk memastikan keselarasan dan keterhubungan antara berbagai sistem internal. Kemampuan kontrol hingga tingkat strategic business unit (SBU) memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk mengelola konfigurasi solusi HR sesuai dengan tingkat kompleksitas bisnis yang berbeda-beda di setiap divisi. Tidak hanya itu, solusi HR ini juga memberikan manfaat tambahan dengan memfasilitasi pembuatan keputusan strategis melalui konsolidasi dan analisis data yang komprehensif, memungkinkan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dengan lebih cepat dan efektif.

“Misalnya, solusi HR kami bisa menyatukan data yang menyangkut tugas, absensi, dan anggaran di satu tempat sehingga memudahkan pengambilan keputusan terkait pengaturan biaya sebuah proyek atau project costing management. Kami juga dapat mensentralisasi database kepegawaian ke satu dasbor sehingga perusahaan bisa memeriksa kondisi SDM mereka kapan pun,” terang Stevens. 

Terbukti efektif Salah satu perusahaan yang sudah merasakan manfaat solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta adalah Tatalogam Holding selaku pelaku manufaktur genteng metal dan baja ringan di Indonesia. 

Transformasi Digital untuk Meningkatkan Efisiensi

Nicolas Setiabudi, Vice President Tatalogam Holding, mengungkapkan bagaimana solusi HR berbasis cloud telah mengubah cara perusahaan mereka mengelola SDM. Sebelum adopsi teknologi ini, tim HRD Tatalogam Holding harus menangani tugas administratif secara manual, yang memakan banyak waktu. Namun, setelah menggunakan solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta, proses administratif dapat diotomatisasi sehingga tim HRD dapat lebih fokus pada tugas strategis lainnya, seperti pengorganisasian pelatihan karyawan.

 “Solusi HR berbasis cloud telah membantu kami dalam mengelola SDM dengan lebih baik. Hasilnya, kami bisa mengejar pertumbuhan perusahaan dengan agresif,” kata Nicolas. 

Kustomisasi Solusi HR untuk Berbagai Industri

Salah satu keunggulan Mekari Talenta adalah kemampuannya untuk mengkustomisasi solusi HR sesuai dengan kebutuhan perusahaan, termasuk perusahaan manufaktur seperti Tatalogam Holding. Fitur-fitur yang dapat disesuaikan memungkinkan perusahaan mengatur sifat kerja karyawan sesuai dengan peran dan pola kerja masing-masing. Hal ini sangat penting mengingat tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam berbagai sektor industri dapat berbeda-beda.

“Tantangan yang kami hadapi sebagai perusahaan manufaktur berbeda dengan yang dihadapi perusahaan di industri lain. Oleh karena itu, solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta bisa menampung kebutuhan kami,” terang Nicolas.

Mendukung Karyawan dalam Era Hybrid Work

Penggunaan solusi HR berbasis cloud juga memberikan manfaat yang signifikan bagi karyawan, terutama dalam menghadapi tantangan dari pandemi Covid-19. Kei Muta, Head of Administration Mitsubishi Corporation Indonesia, menyoroti bagaimana solusi HR ini membantu perusahaan dalam mengatur absensi karyawan yang bekerja dari rumah (WFH) secara transparan dan fleksibel. “Inilah alasan mengapa kami menaruh kepercayaan di Mekari selaku penyedia SaaS terdepan di Indonesia. Sebagai perusahaan Jepang, kami memerlukan mitra yang menyediakan layanan tepercaya. Mekari melalui timnya yang solid dan pembaruan sistem berkala sangat suportif terhadap jalannya bisnis kami,” kata Kei. 

Fitur-fitur seperti Live Attendance di aplikasi Mekari Talenta menjadi sangat berguna dalam mengelola jam kerja secara real-time dari berbagai lokasi. “Mekari Talenta dengan dasbor dan aplikasi ponselnya yang user-friendly telah membantu perusahaan dan karyawan kami untuk mengatur jam kerja secara transparan dan fleksibel. Karyawan bisa mengunduh aplikasi Mekari Talenta untuk mengakses ke layanan mandiri, melakukan self-service, dan administrasi HR,” ungkap kei. 

Kolaborasi yang Mendorong Pertumbuhan

Kei juga menekankan pentingnya kerjasama dengan penyedia solusi HR yang dapat terus melakukan pembaruan sesuai kebutuhan perusahaan dan peraturan pemerintah. Solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta terbukti efisien dalam membantu perusahaan, termasuk Mitsubishi Corporation Indonesia, dalam menjaga kepatuhan terhadap peraturan pemerintah terkait dengan penghitungan gaji dan pajak karyawan.

Mekari Talenta: Menyokong Pertumbuhan Perusahaan

Visi "Power Your Growth" yang diusung oleh Mekari Talenta menjadi cermin dari komitmen mereka untuk terus memperkenalkan inovasi baru, termasuk integrasi artificial intelligence (AI). Hal ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan tetapi juga membawa mereka ke tahapan transformasi digital yang lebih maju. “Seiring dengan evolusi transformasi digital, Mekari Talenta akan terus memperkenalkan fitur serta layanan baru sesuai teknologi terkini, termasuk artificial intelligence (AI). Ini akan membawa perusahaan ke tahapan transformasi digital berikutnya,” terang Stevens.

Dengan demikian, solusi HR berbasis cloud dari Mekari Talenta telah membuktikan diri sebagai solusi yang tidak hanya mendukung efisiensi dan produktivitas perusahaan tetapi juga memberikan nilai tambah bagi karyawan dan membantu perusahaan bersaing secara lebih efektif di era digital saat ini.


Bagikan artikel ini