Smart Indonesia Menjadi Acuan Terbaru Dalam Konsep Smart City


Ilustrasi Smart City

Ilustrasi Smart City

Presiden Joko Widodo tekankan pentingnya perencanaan dan proses pembangunan yang bukan sekedar build namun harus build environment. Kegiatan pembangunan harus mengutamakan unsur penting yakni menciptakan tempat kehidupan yang aman dan nyaman dengan melihat berbagai aspek pendukung lingkungan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Ahli Perencana Indonesia. Menurut Jokowi, proses perencanaan bukan sekedar build atau sekedar merancang bangunan namun juga harus build environment.

Perencanaan tidak boleh hanya silau dengan perkembangan teknologi yang tidak diintegrasikan dengan kebutuhan dasar masyarakatnya. Beberapa contoh yang dipaparkan Jokowi misalnya konsep smart city maupun smart home yang kerap diartikan terkoneksi secara digital dengan melakukan banyak automasi menggunakan Internet of Things (IoT).

Berbagai kemudahan dengan konsep ini seperti membuka pintu, menyalakan perangkat elektronik, hingga memantau rumah dari jauh melalui perangkat gadget di tangan membuat masyarakat dimanjakan dengan perangkat dan sistem yang otomatis. 

Hal tersebut membuat konsep dari smart city adalah desain yang pintar dan ditunjang dengan perangkat digital untuk meningkatkan kenyaman warga. Hal ini kemudian harus didorong sesuai cakupan wilayah mulai smart city, smart province, hingga tingkat nasional menjadi smart Indonesia.

 


Bagikan artikel ini