SMI Hadirkan Sertifikasi Cloud Security Engineer


Cloud Computing

Cloud Computing

PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) yang merupakan anak perusahaan dari Metrodata Group di bidang distribusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memperkenalkan program pelatihan dan sertifikasi terbaru dari EC-Council yang berfokus pada cloud security, yaitu EC-Council’s Certified Cloud Security Engineer (C|CSE).

Program ini merupakan kurikulum yang dibuat dengan kolaborasi antara banyak anggota ahli profesional di bidang cloud security dari berbagai negara. Selain itu, program sertifikasi ini memadukan konsep cloud security dari yang berbasis vendor-netral sehingga memberikan arahan pembelajaran yang menyeluruh, tidak bersifat bias, dan dapat digunakan secara umum.

Sertifikasi ini dapat dimanfaatkan secara umum untuk seluruh teknologi cloud computing atau komputasi awan yang ada, baik cloud yang bersifat best practices, framework fundamental maupun konsep. Hal ini kemudian membantu praktisi cloud security untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja terhadap platform cloud yang spesifik.

“Semakin maraknya teknologi dan platform berbasis cloud, akan membuat organisasi semakin membutuhkan tenaga ahli dalam bidang cloud security untuk membantu membangun infrastruktur cloud yang aman,” kata Division Manager PT SMI Grady Utama dalam keterangan resminya, melansir dari Industry.co.id, Senin (14/3/2022).

Grady juga menuturkan bahwa pengawasan kerentanan yang mungkin muncul juga dapat dilakukan dengan dukungan keterampilan cloud security, sehingga langkah mitigasi pun dapat dilakukan apabila terjadi serangan cybersecurity. C|CSE dari EC-Council dapat membantu untuk melengkapi keterampilan para praktisi yang dibutuhkan dalam bidang cloud.

Platform berbasis cloud yang perkembangannya saat ini sangat pesat memungkinkan penyimpanan data yang terpadu, kemudahan dalam pertukaran data, hingga akses data dari mana saja yang meningkatkan reliabilitas pekerjaan yang dilakukan sehingga mendorong pula produktivitas dari karyawan.

Peningkatan pesat ini pun menimbulkan adanya risiko serangan cybersecurity yang juga pesat, terutama dalam hal kebocoran data hingga koneksi yang tidak aman. Oleh karena itu, kemampuan cloud security pun dibutuhkan.

C|CSE memberikan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi pada platform cloud, serta menghadapi ancaman dan serangan cybersecurity yang ditujukan pada platform cloud tersebut. Program ini pun memberikan pengetahuan mengenai audit keamanan dan uji coba penetrasi keamanan agar sesuai dengan standar dan regulasi terkait platform cloud.

Program pelatihan ini pun cocok dengan para praktisi di bidang cloud, termasuk di dalamnya seperti Network Security Engineers, Cybersecurity Analysts, Network Security Analysts, Cloud Administrators, Cloud Engineers, Network Security Administrators, Cloud Analysts, Cybersecurity Engineers, dan semua praktisi terkait dalam manajemen dan operasi cloud.


Bagikan artikel ini