SMI & TigerGraph, Hadirkan Graph Analytics Berbasis Big Data


Big Data New

Big Data

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) melalui anak usahanya PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) jalin kerja sama strategis dengan TigerGraph yang merupakan penyedia platform graph analytics. Kerja sama ini akan menjadikan SMI sebagai mitra distributor TigerGraph dalam memasuki pasar Indonesia. Adapun penunjukkan mitra ini merupakan yang pertama bagi TigerGraph di Asia Pasifik dan Jepang.

SMI sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Bersamaan dengan SMI, TigerGraph juga menandatangani nota kesepahaman dengan PT Mitra Integrasi Informatika (MII) yang masih merupakan bagian dari SMI di lingkup akademik.

Kolaborasi yang dilakukan dengan MII ini bertujuan untuk mendukung pendidikan dan pemberdayaan industri graph analytics yang menerapkan big data, business analytics, artificial intelligence (AI), serta teknologi machine learning (ML) untuk transformasi perusahaan di Indonesia.

Direktur PT SMI Lie Heng menyampaikan, bahwa SMI telah beroperasi di 20 lokasi yang mencakup lebih dari 150 kota dan 5.200 mitra. Pihaknya pun melihat adanya peningkatan pada permintaan untuk graph database serta analytics di Indonesia.

“Maka dari itu, kemitraan ini akan sempurna untuk menjangkau pelanggan di berbagai lini bisnis seperti perbankan, jasa keuangan dan asuransi, perawatan kesehatan, serta manufaktur,” kata Lie Heng dalam keterangan resminya, Selasa (16/11/2021).

TigerGraph sebagai perusahaan yang menyediakan platform grafik tercepat dan terskala, menawarkan solusi yang mudah digunakan on premise serta solusi cloud computing yang dapat memudahkan setiap perusahaan untuk melakukan proses analisa data dengan jumlah besar secara real time. Terutama untuk menemukan makna dari relasi antar data tersebut.

Todd Blaschka, Direktur Operasional TigerGraph mengatakan bahwa penunjukkan SMI sebagai mitra distribusi merupakan tonggak utama TigerGraph dalam strategi memasuki pasar di Indonesia dan wilayah Asia Pasifik serta Jepang yang lebih luas.

Pada kerja sama ini, TigerGraph akan menyediakan kurikulum graph analytics serta program-program pelatihan, termasuk pula platform graph analytics secara gratis, serta program magang dengan mitra TigerGraph dan para pelanggan yang ditujukan untuk profesional dalam industri dan mahasiswa. Kemitraan ini pun diharapkan dapat memberi manfaat bagi 16 vendor dan 180 kampus di Indonesia.


Bagikan artikel ini