GREENS dan E-Tech Holding Eksplorasi Kerja Sama Ketahanan Pangan


Artificial Intelligence Industri

Ilustrasi Industri Artificial Intelligence

Startup di bidang agrikultur asal Indonesia, GREENS telah menandatangani nota kesepahaman dengan E-Tech Holding Company asal Uni Emirat Arab (UEA) pada Kamis, 30 Juni 2022 lalu untuk mengeksplorasi kerja sama dengan para investor di UEA terkait ketahanan pangan kedua negara.

GREENS sendiri memiliki misi untuk mencegah kehilangan sumber pangan, serta menghadirkan sumber nutrisi terbaik. GREENS sendiri telah menciptakan inovasi teknologi agrikultur berbentuk pod, yang memanfaatkan sistem penanaman dalam ruangan, blockchain, artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, dan internet of things (IoT) untuk menciptakan desentralisasi sumber pangan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

GREENS pod sendiri memiliki fitur untuk dapat mengatur suhu udara, kelembaban udara, pengaturan cahaya, hingga perencanaan penanaman sumber daya pangan jangka panjang. Hal ini kemudian dapat membuat hasil panen terprediksi, lebih konsisten, dan memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Oleh karena bentuknya yang portabel serta moduler, GREENS pod kemudian dapat dengan mudah ditempatkan di berbagai lokasi, sehingga dapat menghadilkan hasil tanam yang dapat langsung dipanen, diolah, dan dikonsumsi di tempat yang sama.

“Masalah ketahanan pangan menjadi landasan upaya GREENS untuk membantu menghasilkan sumber pangan secara mandiri bagi penduduk, serta dapat menjamin keberlangsungan masa depan ketahanan pangan negaranya,” kata Direktur & Co-Founder GREENS Geraldi Tjoa dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Geraldi pun mengatakan bahwa GREENS akan terus melahirkan inovasi di bidang teknologi agrikultur seperti meta farming, atau pertanian virtual yang dapat diikuti oleh setiap orang dan memampukan setiap orang untuk kemudian dapat menikmati hasil panennya sendiri walau tinggal di kota besar.

GREENS yang merupakan startup agritech ini telah berdiri sejak tahun 2019 dengan fokus terhadap jaringan sumber pangan hyperlocal untuk menghadirkan sumber pangan bergizi secara langsung bagi konsumen setempat.

Pada awal tahun 2022 ini, GREENS pun telah memperoleh pendanaan seri Pre-Seed dari beberapa perusahaan investasi, seperti East Ventures, AAG Ventures, S3 dan beberapa investor perorangan. GREENS pun tengah fokus untuk persiapan tahapan investasi seri-A.


Bagikan artikel ini