Startup Bumoon.io Dukung Indonesia Hadapi Perubahan Iklim


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Bumoon.io, startup asli Indonesia yang berbasis pemanfaatan teknologi blockchain, Internet of Things (IoT), dan artificial intelligence (AI) akan mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk menghadapi isu perubahan iklim dan pemanasan global yang kini tengah berlangsung.

Co-Founder Bumoon.io, Happy Murdianto mengatakan bahwa pemanasan global hingga perubahan iklim saat ini merupakan permasalahan dengan pertaruhan yang besar bagi masa depan manusia. Maka dari itu, Bumoon.io akan mendukung pemerintah Indonesia untuk turunkan suhu bumi.

“Bumoon akan support pemerintah Indonesia dalam menurunkan suhu bumi hingga 1,5 derajat dengan penanaman pohon baru yang akan dijadikan usaha perdagangan karbon,” tutur Happy dalam keterangannya, melansir dari TribunTechno, Senin (20/9/2021).

Menurut Happy, pihaknya ikut serta dalam menanggulangi sampah sebagai bagian dari menjaga lingkungan dengan menggunakan Magic Box, yaitu alat yang dapat mengurai sampah menjadi hasil untuk digunakan kembali, seperti disinfektan, liquid smoke dan karbon aktif sehingga sampah dapat menjadi berkah.

 Magic Box sendiri, Happy menyampaikan, adalah hasil kerjasama strategis dengan Sampangan.id, dan telah disiapkan sebagai pilot project pengurai sampah yang dilakukan di Kota Bekasi. Happy pun mengharapkan dukungan pemerintah agar bisa bersama menjaga bumi untuk masa yang akan datang.

Sementara CEO Bumoon.io, Triansyah Putra menambahkan bahwa Bumoon.io juga telah membuat terobosan baru dalam dunia crypto. Terobosan tersebut merupakan ide yang sederhana namun tepat sasaran sesuai dengan tipping point pemanasan global saat ini.

“Model bisnis yang dikembangkan Bumoon.io diharapkan akan menciptakan sebuah tren baru yang beriringan dengan tujuan UNFCCC sebagai kerangka kerja negara-negara di dunia dalam upaya meningkatkan pelestarian lingkungan, sekaligus menurunkan emisi karbon,” kata Triansyah.

Bumoon.io dalam rangka mendukung perdagangan karbon juga memiliki BUMooN, yang merupakan eco-living token dan memiliki bisnis real dalam bidang energi terbarukan, garbage mining seperti membeli sampah plastik dari masyarakat, dengan reward token BUMooN sebagai tambahan investasinya.

Triansyah menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan carbon trading atau yang disebut pula sebagai ekonomi hijau, sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo. Maka Triansyah pun mengajak masyarakat untuk berinvestasi sekaligus mendukung gerakan peduli lingkungan melalui BUMooN.

Mendukung keberlangsungan lingkungan hidup dan menghadapi perubahan iklim, Bumoon.io juga menjalin kerjasama dengan startup lingkungan lain yaitu Sampangan.id dan Wastelab. Melalui kerja sama ini, diharapkan masing-masing pihak dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia sekaligus melebarkan jaringan dengan dukungan Kementerian BUMN.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk mulai beralih ke penggunaan solar panel di rumah-rumah, agar pemakaian listrik dapat berkurang secara signifikan,” pungkas Happy.


Bagikan artikel ini