Super App AirAsia Gandeng Netcore Cloud Implementasikan Email Berbasis AI


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Super App AirAsia yang merupakan platform perjalanan dan keuangan terkemuka di Asia Pasifik, umumkan kerja sama dengan Netcore Cloud yang merupakan penyedia layanan email terbesar di Asia.

Kerja sama ini dilakukan untuk melakukan implementasi Application Programming Interface (API) email milik Netcore Cloud serta artificial intelligence (AI) merekqa untuk mendukung pengiriman serta inboxing email secara cepat untuk AirAsia.

AirAsia sendiri telah melakukan diversifikasi bisnis dari sebatas platform maskapai penerbangan, menjadi Super App di kawasan ASEAN. Email pun menjadi salah satu media penting untuk dapat terhubung secara lebih efektif dengan pasar yang lebih luas.

Keahlian Netcore Cloud yang didukung pula oleh teknologi AI terbaik di kelasnya akan memungkinkan Super App AirAsia untuk dapat mencapai kecepatan yang lebih tinggi dalam hal pengiriman email dengan relevansi yang juga meningkat. Netcore Cloud pun diharapkan pula dapat memberikan manfaat bagi AirAsia dalam mendukung visi, pertumbuhan, dan kecepatan.

Netcore Email API sendiri adalah API yang sederhana, cepat, terukur, serta cerdas sehingga cocok untuk aplikasi yang mengandalkan email. Kemampuan inboxing platform yang dimilikinya pun jauh lebih unggul dibandingkan dengan penyedia layanan email AirAsia sebelumnya.

Kelebihan ini kemudian memungkinkan pelanggan AirAsia untuk dapat lebih sering terhubung dengan merek melalui email. Pada periode uji coba singkat yang dilakukan selama 90 hari dengan Netcore Email API, AirAsia memperoleh peningkatan dalam keterlibatan pelanggan di saluran email baik dari kualitas maupun kuantitas.

Ravi Shankar, Chief Growth & Digital Officer Super App AirAsia mengatakan, integrasi dengan Netcore Cloud ini sudah dilalui dengan proses yang mulus. Terutama dengan hasil luar biasa yang diperoleh dari program email yang dikirimkan.

“Mempertimbangkan ROI yang kami alami sekarang, kami yakin menjalin kemitraan dengan Netcore Cloud merupakan keputusan yang tepat,” tutur Ravi dalam keterangannya melansir dari Berita Satu, Kamis (9/9/2021).

Melalui kerja sama ini pula, AirAsia akan mendapat dukungan untuk penargetan dengan segmentasi yang lebih baik. Hal ini guna meningkatkan rasio klik dan keterbacaan email pada pelanggan.

Sementara Chief Revenue Officer APAC & MEA Netcore Cloud, Saket Jha mengatakan bahwa pihaknya senang atas kepercayaan yang diberikan AirAsia terhadap teknologi email berbasis AI mereka. Saket menuturkan, pihaknya paham mengenai kecepatan transformasi bisnis dan teknologi yang mendukung perkembangan ini.

“Melalui bergabungnya AirAsia, akan semakin menguatkan posisi kami sebagai penyedia layanan email terbaik di kawasan Asia Tenggara. Kami juga berharap dapat meningkatkan efektivitas dan keberlanjutan di masa mendatang,” kata Saket Jha.

Netcore Cloud pun saat ini merupakan penyedia layanan email terbesar di Asia dan pertama di dunia untuk pemanfaatan AI pada platform pengiriman email yang inovatif. Netcore Cloud pun tidak hanya menawarkan pelayanan email, tetapi juga otomatisasi pemasaran yang didukung AI/ML.

Selain itu, Netcore Cloud juga menghadirkan platform keterlibatan pelanggan yang telah memberdayakan lebih dari 5.000 merek untuk dapat meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. Merek ternama di Indonesia sendiri yang telah memanfaatkan layanan  Netcore Cloud, antara lain adalah Gojek, Traveloka, Tokopedia, Smarfren, Bank BCA serta Payfazz.