Teknologi AI Dapat Terjemahkan Kata dengan Suara Sendiri


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Terdapat banyak alat penerjemah bahasa yang sudah menggunakan berbagai macam teknologi. Salah satunya yang menerjemahkan bahasa menggunakan suara dari sistem itu sendiri. Dengan banyaknya kombinasi yang berbeda pada kata, frasa dan kalimat, masuk akan jika menggunakan suara dari komputer.

Perusahaan Resemble AI membuat sebuah terobosan dalam menerjemahkan sebuah bahasa tanpa harus menggunakan suara dari komputer atau menggunakan suara sendiri. Perusahaan ini telah mengembangkan sebuah alat penerjemah dengan menggunakan teknologi AI yaitu Localize.

Mereka mengklaim bahwa alat yang dikembangkannya dapat menerjemahkan kata dengan menggunakan suara dari si penggunanya. Maksudnya, jika pengguna menggunakan bahasa Inggris dan ingin diterjemahkan ke Prancis, maka terjemahan bahasa Prancis akan diucapkan kembali dengan suara penggunanya.

Implikasi dari adanya teknologi ini sangat besar kegunaannya. Misalkan, film berbahasa Inggris yang dijual di pasar luar negeri terkadang harus di-dubbing atau diberi subtitle.

Namun, sulih suara ini terkadang kurang ideal karena tidak selalu menangkap emosi atau maksud dari kata-katanya, tetapi Localize dapat membuat sulih suara tersebut dapat diucapkan dengan suara aktor. Google pun telah mengembangkan sesuatu yang sama dengan teknologi ini, tetapi informasi detailnya masih sedikit.