Telkomsel & Ancol Kolaborasi, Perkuat Wisata Indonesia dengan IoT


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Telkomsel dalam rangka mengakselerasi transformasi digital lintas industri menjalin kerja sama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) untuk melakukan implementasi digitalisasi melalui teknologi internet of things (IoT). Implementasi ini dilakukan di beberapa destinasi wisata yang dikelola oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Komitmen ini pun ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman mengenai penerapan smart & green theme park pada destinasi wisata yang dilaksanakan pada Senin (25/4/2022). Keduanya sepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih untuk menghadirkan pengalaman konsumen dan engagement yang lebih baik.

Hal tersebut untuk dapat meningkatkan pelayanan bagi pengunjung destinasi wisata, terutama yang dikelola oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, untuk kemudian mendorong tingkat kunjungan di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Selain itu, dengan implementasi teknologi IoT untuk digitalisasi, Telkomsel dan Ancol kemudian berharap untuk dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30 persen, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol, dengan menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan oleh unit bisnis Telkomsel Enterprise.

“Kerja sama strategis ini mendemonstrasikan keberlanjutan komitmen Telkomsel sebagai digital connectivity enabler yang mengedepankan pemanfaatan aset dan teknologi digitalnya bagi kemajuan berbagai sektor di Indonesia, khususnya dalam mendukung tujuan transformasi digital yang dilakukan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk,” kata Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit dalam sambutannya, Senin (25/4/2022).

Adiwinahyu menambahkan, melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise pihaknya yakin dapat menghadirkan berbagai solusi digital untuk membuka lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital di sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Ancol.

Sementara Direktur Transformation & Business Development PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Wing Antariksa menuturkan bahwa sebagai perusahaan pengelola kawasan wisata terbesar dan terpadu di Indonesia, pihaknya terus melakukan inovasi untuk mengembangkan produk dan layanan.

Ancol sendiri telah menerapkan digitalisasi dengan sistem ticketing online serta meluncurkan Ancol Apps. Ancol kini tengah menyiapkan langkah lanjutan untuk transformasi digital dengan smart & green theme park.

“Pertama di Indonesia, dalam rangka mewujudkan inovasi tersebut Ancol menjalin kolaborasi bersama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Nota kesepahaman ini melandasi peluang kerja sama dalam penerapan IoT dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata,” tutur Wing.

Wing pun berharap, kolaborasi dengan Telkomsel dapat meningkatkan interaksi Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme pengunjung dalam berwisata ke kawasan wisata Ancol.

Telkomsel dan Ancol sendiri akan menjajaki skenario implementasi use case solusi bisnis dan layanan berbasis teknologi IoT sebagai langkah awal. Penjajakan ini akan dilakukan dengan mengembangkan pengalaman pengunjung di wisata Ancol.

Pengalaman pengunjung rencananya akan didukung dengan implementasi smart utility, smart lighting, electric vehicle, autonomous bus, hingga integrated smart dashboard. Sementara use case pada aspek digital engagement dan single customer view di destinasi wisata Ancol akan dilakukan Telkomsel melalui pengembangan customer engagement platform.

Telkomsel juga berencana untuk menerapkan use case RFID dan computer vision untuk digitalisasi visitor tracking dan crowd management. Selain itu, Telkomsel juga akan mengimplementasikan officeless operation system dengan kapabilitas low code platform untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol.

“Penerapan smart & green theme park Taman Impian Jaya Ancol dan beberapa destinasi wisata yang berada di bawah pengelolaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk tentu akan melengkapi portfolio penerapan digitalisasi oleh Telkomsel di destinasi wisata, kawasan bisnis, sektor industri, dan smart city,” pungkas Adiwinahyu.


Bagikan artikel ini