Telkomsel Gelar Showcase 5G di KTT G20


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Telkomsel gelar showcase 5G pada rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada 13-17 November 2022. Showcase ini dilakukan dalam rangka menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digital Indonesia yang mampu menghadirkan potensi transformasi digital di berbagai sektor industri, sekaligus meningkatkan daya tarik investasi strategis global.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, Telkomsel akan menjadi yang terdepan dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital. Menurutnya, transformasi menjadi yang pertama dalam menghadirkan jaringan 5G di Indonesia serta menegaskan komitmen Telkomsel untuk membuka peluang pertumbuhan di sektor industri.

“Kami memandang showcase 5G ini penting untuk dioptimalkan dalam menggambarkan bagaimana kesiapan kapabilitas digital yang dimiliki Indonesia dapat mengakselerasi kemajuan di berbagai sektor, khususnya mengakselerasi transformasi digital yang menyentuh seluruh aspek kehidupan di Tanah Air,” kata Wong dalam keterangan tertulis, Selasa (15/11/2022).

Telkomsel menghadirkan enam use case dalam showcase 5G yang dilaksanakan di dua area rangkaian KTT G20 di Future SME Village Bali Collection dan Media Center BICC The Westin Resort. Keenam use case tersebut adalah virtual reality (VR), augmented reality (AR) Kawasan Konservasi Hutan Mangrove, robot artificial intelligence (AI), 5G in the box, cloud gaming, dan 5G Holographic Communications.

Wong menjelaskan bahwa use case VR akan memberikan pengalaman imersif bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan VR sesuai kebutuhan mereka, seperti bermain game dan wisata virtual, ataupun edukasi.

Sementara use case AR untuk Kawasan Konservasi Hutan Mangrove akan memberikan pengalaman dalam mengikuti wisata virtual di konservasi hutan mangrove, mulai dari pembibitan hingga simulasi pertumbuhan tanaman mangrove untuk konservasi alam.

Pemanfaatan robot AI untuk menyapa dan berinteraksi dengan pengunjung juga ditunjukkan melalui showcase ini. Selanjutnya 5G in the box, yaitu inovasi teknologi jaringan 5G portable yang hadir dengan ringkas untuk mendukung proses peluncuran 5G dengan lebih cepat dan mudah, terutama untuk jaringan privat bagi korporasi.

Telkomsel juga menghadirkan pengalaman menikmati berbagai jenis game daring dengan cloud gaming, yang menggunakan smartphone serta gamepad yang didukung jaringan 5G. Terakhir adalah 5G Holographic Communications yang akan memungkinkan komunikasi antar manusia secara real time dan tiga dimensi dengan perangkat pintar.

Wong kemudian mengungkapkan bahwa pihaknya berharap berbagai upaya yang telah dihadirkan untuk mendukung kesuksesan perhelatan G20 di Indonesia, khususnya untuk menunjukkan kapabilitas teknologi digital yang dimiliki dapat membuka peluang investasi dan kolaborasi yang lebih luas bagi Indonesia.

“Investasi dan kolaborasi tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sebagai upaya mewujudkan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara,” pungkas Wong.


Bagikan artikel ini