Telkomsel Bersama ZTE Meningkatkan Pemanfaatan 5G di Indonesia


Jaringan 5G

Ilustrasi Jaringan 5G

Telkomsel dan ZTE Corporation baru saja di Barcelona, Spanyol menyampaikan bahwa mereka memperkuat kerja sama yang telah terjalin selama ini. Telkomsel dan ZTE mengumumkan komitmen untuk berkerja sama dalam mengembangkan pemanfaatan layanan 5G bagi segmen enterprise alias korporasi di Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Wong Soon Nam (Direktur Planning & Transformation Telkomsel) dan Mei Zhonghua (SVP ZTE Corporation) pada gelaran Mobile World Conference 2023.

Melalui kolaborasi yang dimaksud, Telkomsel dan ZTE akan bersinergi dalam mengembangkan portofolio inovasi solusi produk dan layanan terkini dengan mengadopsi teknologi Cloud PC. 

ZTE Cloud PC sendiri bisa mengimplementasikan virtualisasi, manajemen terpusat, serta berbagi sumber daya komputasi, penyimpanan, dan jaringan, tentunya dengan memanfaatkan cloud seperti namanya.

Dengan penjadwalan melalui cloud, penggunaan desktop virtual yang efektif pun dimungkinkan, begitu pula pemaksimalan komputasi untuk perusahaan maupun publik.

Selain itu, Telkomsel dan ZTE juga menyebutkan akan menjajaki peluang kerja sama dalam studi dan kajian teknologi jaringan 5G Air-to-Groud. Selain dapat menghadirkan layanan broadband berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau bagi penumpang pesawat, teknologi ini juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta keamanan operasional maskapai penerbangan.

"Sebagai digital transformation enabler, Telkomsel terus menghadirkan ragam solusi inovatif sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia guna mendorong percepatan transformasi digital. Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami berkomitmen untuk menjadi powerhouse penyedia solusi digital terintegrasi yang siap mendampingi korporasi guna membuka lebih banyak peluang dalam melesatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Di tengah kondisi ekonomi dunia yang cukup menantang saat ini, transformasi digital menjadi salah satu faktor penentu yang akan membantu pelaku bisnis dari semua jenis industri untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman," ujar Wong Soon Nam dikutip dari Info Komputer, Jumat.

Soon Nam juga menambahkan Ke depannya, kerja sama strategis bersama dengan mitra seperti ZTE ini dapat terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi para pelanggan korporasi untuk berkolaborasi dan berakselerasi, sekaligus memperkuat semangat pencapaian Industri 4.0 secara lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia
 
“Kami senang dapat berkolaborasi dengan Telkomsel dalam upaya kami untuk terus membangun pasar 5G Enterprise di Indonesia. ZTE dan Telkomsel telah berkolaborasi dalam 5G selama beberapa tahun, dan dalam kolaborasi ini ZTE akan menyediakan solusi 5G mutakhir untuk Telkomsel. Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu kita mencapai tujuan bersama, yaitu mempercepat transformasi digital di Indonesia,” kata Mei Zhonghua.
 
Seperti telah disebutkan, kerja sama Telkomsel dan ZTE dalam pengembangan ekosistem layanan 5G telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Terdapat sejumlah pencapaian penting dalam upaya mendorong pemerataan akses broadband berteknologi terkini tersebut yang diklaim telah dicapai.

Ke depannya, Telkomsel dan ZTE pun menegaskan akan terus memperkuat kemitraan untuk mengakselerasi penguatan ekosistem dengan berbagai solusi produk dan layanan terdepan.


Bagikan artikel ini