Telkomsigma Fokus Kembangkan Cloud untuk Dukung Pasar B2B di Indonesia


Logo telkomsigma

Logo telkomsigma

Telkomsigma, anak usaha PT Telkom Indonesia akan fokus untuk mengembangkan bisnis cloud mulai tahun ini hingga masa mendatang. Strategi ini dilakukan guna mendorong layanan jasa teknologi informasi untuk bisnis dan korporasi (B2B Digital IT Services) di Indonesia.

Bisnis teknologi cloud computing atau komputasi awan sendiri merupakan salah satu dari tiga portofolio bisnis andalan Telkomsigma, selain layanan IT dan solusi digital. Hal ini pun sejalan dengan tantangan di era industri 4.0, di mana layanan berbasis cloud menjadi kunci utama yang menentukan daya saing serta memastikan industri berinovasi dan berkembang dengan menggunakan teknologi digital.

Direktur Delivery & Operation Telkomsigma, I Wayan Sukerta menuturkan bahwa dengan langkah ini, Telkomsigma bertransformasi dan berfokus untuk dapat menghadirkan solusi berbasis Digital IT Services bagi sektor B2B di Indonesia.

“Guna mewujudkan transformasi digital digital lebih optimal, Telkomsigma menawarkan kapabilitas hybrid multi-cloud yang menggabungkan benefit antara public cloud, serta private cloud untuk menjawab kebutuhan security compliance,” kata I Wayan Sukerta dalam keterangannya, melansir dari Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Wayan kemudian menambahkan, bahwa upaya strategis Telkomsigma melalui pengembangan kapasitas serta kapabilitas cloud ini menjadi salah satu bentuk respon perusahaan atas tren dan pangsa pasar yang berorientasi pada efisiensi bisnis dalam adopsi IT secara jangka panjang.

Selain meningkatkan kapasitas layanan cloud yang ditargetkan akan terealisasi pada Q4 2022, Telkomsigma juga mengambil langkah strategis lainnya dengan menjalin kolaborasi bersama berbagai mitra IT berskala lokal dan global.

Telkomsigma menyadari pentingnya untuk berkolaborasi strategis dengan para principal dan distributor untuk dapat mendukung pemenuhan kebutuhan layanan teknologi informasi dan cloud Telkomsigma yang spesifik.

Momentum kolaborasi strategis ini kemudian menjadi dorongan untuk menjalin kolaborasi yang lebih erat untuk mengembangkan bisnis cloud melalui solusi cloud brokerage yang dihadirkan oleh berbagai penyedia layanan cloud global, seperti AWS, Alibaba Cloud, Google Cloud, dan Microsoft.

Telkomsigma dalam menjawab kebutuhan pasar cloud di Indonesia saat ini tengah gencar mengembangkan kapasitas serta kapabilitas FLOU Cloud, serta membangun layanan kolaborasi dengan strategic principle melalui hybrid multi-cloud.

Selain itu, Telkomsigma juga tengah meningkatkan kapabiliras cloud mereka dengan sistem multi-zone. Sistem ini didukung oleh lebih dari 370 praktisi cloud tersertifikasi dan ketersediaan dukungan IT 24/7. Peningkatan kapabilitas ini pun termasuk dengan tersedianya arsitektur cloud native yang berorientasi pada fleksibilitas, skalabilitas, serta kesiapan infrastruktur yang aman dan reliable.


Bagikan artikel ini