Telkomtelstra Perkenalkan Inovasi Terbarunya Teknologi Telehealth


Telkomtelstra

Ilustrasi Logo Telkomtelstra

Teknologi terbaru “Teleheath” yang dikenalkan oleh Telkomtelstra untuk mendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Kalimantan Utara untuk mengimplementasikan teknologi terbarunya. Dengan teknologi Telehealth ini, rumah sakit dan dokter spesialis dapat tetap memberikan layanan kesehatan berupa konsultasi pasien poliklinik non-COVID.

Selain untuk mengurangi risiko terpapar COVID-19 ketika berkunjung ke rumah sakit, sekaligus memperluas layanan bagi lebih banyak pasien dengan aman.

Solusi untuk menangani teknologi tersebut dengan meberdayagunakan Cloud Contact Center dan Digital Customer Engagement yang dapat membantu pasien yang terinfeksi terpapar virus COVID-19 bisa dimonitor secara jarak jauh oleh RSUD Tarakan.

Cloud Contact Center memungkinkan rumah sakit untuk melakukan panggilan keluar jarak jauh kepada pasien yang mendaftar melalui situs rumah sakit atau dirujuk oleh Puskesmas guna verifikasi dokumen pribadi serta penilaian informasi lebih lanjut.

“Agen Contact Center akan memandu pasien untuk mengakses solusi teknologi kami yang lain, yakni Digital Customer Engagment, yang memungkinkan mereka untuk menjadwalkan dan melakukan konsultasi video online dengan dokter di rumah sakit,” ujar Agus Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra dalam keterangan, Rabu (18/11).

Penerapan layanan Telehealth dapat menjadi pilihan yang lebih aman bagi pasien dengan mengurangi potensi terpapar virus. Selain itu, teknologi ini dapat mengurangi tekanan pada sistem perawatan kesehatan dengan meminimalkan lonjakan jumlah pasien di rumah sakit dan mengurangi penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

Direktur RSUD Tarakan, Drg. Dian Ekowati mengungkapkan dengan solusi Telehealth, rumah sakit dapat memberikan jawaban atas pertanyaan pasien dan mendiskusikan masalah secara real time dari jarak jauh, seperti pada kunjungan rumah sakit biasa, tetapi dari kenyamanan rumah pasien.

Telkomtelstra bekerja sama dengan ipSCAPE, perusahaan Cloud Contact Center terkemuka untuk meberikan solusi yang menawarkan cara yang aman dan nyaman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit.


Bagikan artikel ini