Telkomtelstra Terapkan Solusi SD-WAN di 5.000 Titik Jaringan


Telkomtelstra

Ilustrasi Logo Telkomtelstra

Telkomtelstra yang merupakan patungan perusahaan Telkom dan Telstra ini sukses menerapkan solusi SD-WAN (Software Defined-Wide Area Network) di 5.000 titik lokasi jaringan cabang kantor di Indonesia. Kesuksesan ini digadang-gadang menjadi salah satu tolak ukur baru untuk inovasi jaringan di Indonesia.

Kesuksesan penerapan solusi ini digadang menjadi tolak ukur baru jaringan di Indonesia dikarenakan perusahaan yang saat ini membutuhkan jaringan kuat, dapat diandalkan, serta aman untuk bisa mendukung operasional mereka yang tersebar secara geografis.

Saat ini, perusahaan di Indonesia perlu untuk mengoperasikan cabang yang tersebar secara geografis di berbagai lokasi, termasuk lokasi yang minim jaringan pula.

Sayangnya, jaringan WAN tradisional kurang bisa mengakomodasi kebutuhan ini karena tuntutan konektivitas serta kemampuannya yang tidak memadai dalam hal skabilitas cloud. WAN melalui MPLS sendiri juga dinilai sebagai teknologi yang mahal.

Agus F Abdillah, Chief Customer Officer Telkomtelstra mengatakan, pihaknya paham bahwa ada tantangan bisnis berkaitan dengan jaringan yang memiliki konektivitas terdepan, terutama di daerah terpencil yang minim jaringan.

“Telkomtelstra bangga atas pencapaian kami dalam mengimplementasikan solusi jaringan SD-WAN ke lebih dari 5.000 lokasi di Indonesia. Hal ini bisa mendukung kebutuhan bisnis yang mengedepankan produktivitas dan efisiensi, terlepas dari tantangan geografis,” tutu Agus dalam keterangan Telkomtelstra, Rabu (4/11/2020).

Telkomtelstra sendiri mendukung bisnis di berbagai industri dengan memaksimalkan kinerja beban kerja melalui jaringan cloud-enabled yang memiliki tujuan untuk meningkatkan alokasi bandwidth serta kinerja aplikasi di berbagai kantor cabang perusahaan.

Agus pun menyampaikan, solusi SD-WAN ini cocok untuk perusahaan yang memiliki kantor cabang di berbagai wilayah dan ingin mengoptimalkan jaringan melalui layanan cloud.

Layanan cloud yang maksimal dengan SD-WAN bisa membantu perusahaan untuk mendistribusikan aturan, membuat perubahan kebijakan, serta mengimplementasikan konfigurasi baru jaringan kantor cabang dalam waktu singkat di mana saja.

SD-WAN Telkomtelstra memiliki kelebihan berupa instalasi zero-touch dan auto failover yang bisa meminimalisasi ketergantungan pada banyak perangkat. Kelebihan ini juga akan meminimalisasi kebutuhan untuk mengirim teknisi ke kantor cabang.

Menurut Agus, pada gilirannya solusi ini bisa menguntungkan bisnis dari segi efisiensi serta pengelolaan biaya yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan MPLS. Selain itu, SD-WAN juga menawarkan keamanan komprehensif dengan cloud dan SaaS (software as a service).

“Kantor cabang dalam perusahaan di seluruh Indonesia kini akan memiliki akses ke konektivitas andal dengan keamanan terdepan,” kata Agus.


Bagikan artikel ini