Terra Drone dan BINUS Kembangkan Drone AI untuk Keamanan


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Terra Drone Indonesia bersama dengan Program Studi Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara (BINUS) Kampus Bandung adakan kerja sama untuk penelitian pengembangan artificial intelligence (AI), terutama mengenai computer vision untuk aplikasi pengamanan yang menggunakan drone atau drone security surveillance.

CEO Terra Drone Indonesia Michael Wisnu Wardhana mengungkapkan, pengembangan AI untuk aplikasi drone ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengidentifikasi serta merekam objek-objek yang tertangkap kamera drone, khususnya dalam konteks menjaga keamanan.

Drone C-Astral Bramor C4EYE dipilih sebagai wahana dalam pengembangan ini karena data yang diperoleh memiliki keunggulan dalam aplikasi pengawasan keamanan. Data tersebut juga merupakan data yang diperoleh di Indonesia sehingga model AI yang dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk keperluan sesuai geografis Indonesia,” tutur Michael, melansir dari Selular.id, Selasa (31/8/2021).

Michael kemudian juga menyampaikan bahwa model AI yang dikembangkan nantinya dapat digunakan oleh Terra Drone Indonesia ataupun pelanggan di lokasi pekerjaan untuk mengidentifikasi serta melakukan kategorisasi terhadap objek-objek yang terdeteksi drone. Objek-objek tersebut kemudian akan ditelaah lebih lanjut, apakah mengancam keamanan atau tidak.

Model AI ini juga akan membantu untuk mengurangi riisko terjadinta kesalahan serta beban kerja dari operator selama melakukan penerbangan drone untuk mengawasi lokasi pelaksanaan pekerjaan.

Kerja sama dengan BINUS, Michael mengatakan, dilakukan dengan pertimbangan bahwa Terra Drone Indonesia memiliki pengalaman yang kuat dalam menyediakan layanan pemanfaatan drone untuk pengawasan keamanan di Indonesia.

“Serta BINUS memiliki rekam jejak yang baik dan sumber daya yang mumpuni untuk melakukan penelitian di bidang artificial intelligence (AI),” kata Michael.

Penelitian ini pun tercetus atas dasar pertumbuhan aplikasi penggunaan drone dalam sektor keamanan, dan AI yang berkembang khususnya computer vision yang dapat membantu operator untuk dapat mengidentifikasi objek-objek sasaran.

Hasil pengembangan drone berbasis teknologi AI ini pun nantinya dapat digunakan oleh pelanggan Terra Drone Indonesia di berbagai sektor industri yang memiliki kebutuhan atas drone untuk melakukan pengawasan keamanan.

Michael pun menambahkan bahwa pihaknya sangat menghargai kerja sama yang dilakukan dengan BINUS. Hal ini dengan harapan dapat menjembatani kampus sebagai instansi akademik dengan industri sehingga terdapat hubungan yang menguntungkan.

Selain itu, ke depannya juga masih banyak hal yang dapat dikembangkan dari AI dan drone pengawas keamanan ini. Misalnya saja, seperti pengolahan secara real-time dan on-board, penyesuaian jalur terbang berdasarkan tren temuan, dan masih banyak lagi.

Penelitian mengenai drone AI untuk keamanan ini dilakukan di Kota Bandung sejak akhir Juli hingga akhir Oktober 2021 mendatang. Rencananya, tahap pertama akan diluncurkan pada awal November 2021 mendatang.


Bagikan artikel ini