Terra Drone Lakukan Percobaan Inspeksi, Dorong Pemanfaatan AI


Drone Pertanian

Drone Pertanian

Perusahaan penyedia teknologi drone untuk industri, Terra Drone Indonesia beberapa waktu lalu berhasil melakukan uji coba inspeksi dan pemodelan tower telekomunikasi milik PT Pertamina (Persero) di wilayah kerja Pertamina Hulu Rokan, Rumbai, Riau.

Hal yang menjadi objek dari uji coba inspeksi ini mencakup integritas struktur tower serta guy wire atau sling wire sebagai salah satu bagian dari struktur tower tersebut. Terra Drone sendiri juga mencoba untuk melakukan pemodelan tiga dimensi pada tower telekomunikasi tersebut.

Data yang kemudian dihasilkan oleh drone adalah berupa foto dan video yang sangat detail dan jernih untuk keperluan inspeksi visual. Data-data dari drone ini kemudian akan ditinjau oleh seorang inspektur untuk menghasilkan laporan inspeksi yang komprehensif.

Tidak hanya itu, foto serta video yang diperoleh dengan drone ini juga dapat digunakan untuk melatih machine learning sehingga kedepannya, inspeksi juga dapat dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Drone yang dimanfaatkan pada uji coba inspeksi tower telekomunikasi Pertamina ini, adalan drone berjenis multirotor. Jenis drone ini tidak hanya dapat melakukan inspeksi pada tower telekomunikasi, tetapi juga bisa melakukan inspeksi pada struktur vertikal lain seperti flare stack, vent stack, mooring tower, transmission tower, serta power pole.

Terra Drone Indonesia sendiri telah memiliki berbagai pengalaman dalam melakukan inspeksi struktur vertikal, di mana terdapat lebih dari 100 flare stack dan 1.000 power pole yang berhasil diinspeksi.

Pada pengoperasiannya, drone akan terbang mengikuti ketinggian tower yang menjadi target inspeksi dan berjarak lima hingga sepuluh meter dari tower. Hal ini dilakukan agar drone dapat memperoleh data gambar yang detail serta jernih, dan dilakukan oleh pilot Terra Drone yang terlatih dan berpengalaman.

Managing Director Terra Drone Indonesia Michael Wisnu Wardana pun mengungkapkan, bahwa manfaat yang diperoleh dari penggunaan drone untuk inspeksi tower telekomunikasi ini adalah berkurangnya kebutuhan untuk inspeksi visual yang biasanya dilakukan dengan cara memanjat, di mana cara lama ini memiliki risiko yang sangat tinggi bagi pekerja.

“Selain itu, inspeksi visual yang dilakukan mendukung konsep predictive maintenance sehingga fungsi dari tower sebagai salah satu infrastruktur telekomunikasi dapat terjaga,” tutur Michael dalam keterangan resminya, melansir dari Selular.id, Senin (14/2/2022).

Terra Drone Indonesia pun sebelumnya sudah memiliki banyak pengalaman dengan PT Chevron Pacific Indonesia sebelum menjadi PT Pertamina Hulu Rokan. Selain itu, Terra Drone juga sangat mendukung pemanfaatan teknologi drone di sektor migas.

Terra Drone dengan pengalaman dan sistem manajemen kualitas serta keselamatannya percaya, bahwa drone dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk dapat mendukung inspeksi infrastruktur di sektor migas.


Bagikan artikel ini