Tingkatkan SDM, Kominfo & Oracle Berikan Program Keterampilan TIK


Digital Talent Scholarship

Logo Digital Talent Scholarship

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan Oracle Indonesia telah menandatangani kesepakatan untuk mengintegrasikan program Oracle Academy ke dalam inisiatif Kominfo pada program “Digital Talent Scholarship, Fresh Graduate Academy” (DTS FGA).

Program ini ditujukan melatih 1.200 pendidik dan 15.000 siswa di seluruh Indonesia selama 4 tahun ke depan, serta menyediakan platform bagi lebih dari 100 lembaga pendidikan tinggi di tanah air untuk bergabung dengan program pendidikan filantropi Oracle.

Melansir dari Beritasatu.com, program DTS FGA adalah program peningkatan kompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berfokus pada pemberian pelatihan kepada mahasiswa tingkat akhir dan lulusan baru universitas dalam kemitraan dengan organisasi teknologi terkemuka.

Perjanjian tersebut dapat membantu Kominfo untuk menyediakan lulusan dengan keterampilan teknologi siap kerja dalam upaya meningkatkan kemampuan kerja mahasiswa dengan keterampilan digital yang mereka butuhkan untuk kesuksesan karir.

Oracle Academy menawarkan institusi dan pendidik akses ke berbagai sumber daya pengajaran dan pendidikan, termasuk kurikulum, sumber daya pengajaran dan pembelajaran, perangkat lunak, teknologi cloud, lingkungan praktik, dan banyak lagi.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bermitra dengan Oracle Academy dalam mendukung Program Beasiswa Digital Talent, khususnya di Fresh Graduate Academy. Mata kuliah yang berfokus pada teknologi Oracle adalah bagian dari kompetensi inti yang dibutuhkan oleh berbagai industri. Melalui Oracle Academy, kami berharap pendidikan ini dapat meningkatkan keterampilan dan kapasitas mahasiswa dan lulusan untuk menarik kesempatan kerja dan menjadi wirausahawan kelas dunia,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo RI Hary Budiarto dalam keterangan tertulis, pada Rabu (11/5).

Dia menambahkan bahwa kolaborasi ini dapat memungkinkan para pendidik untuk mengikuti teknologi dan perangkat lunak yang selalu berubah guna membantu mempersiapkan siswa menghadapi masa depan mereka, memberdayakan mereka untuk memfasilitasi pembelajaran siswa yang inovatif di dalam dan di luar kelas.

Sebagai informasi, para siswa dan pendidik akan memiliki akses ke kurikulum utama, termasuk Java Fundamentals, Java Foundations, Java Programming, Artificial Intelligence with Machine Learning in Java, Database & Design & Programming with SQL, Programming with PL/SQL, Oracle Application Express-Application Development Foundations, Oracle Cloud Infrastructure (OCI), Foundations I & II dan Primavera P6 Professional Project Management Fundamentals.

Menurut Managing Director Oracle Indonesia Davian Omas, pengetahuan dan keterampilan komputasi dapat membuka pintu ke berbagai karir di seluruh industri.

Oracle Academy bekerja sama dengan para pendidik di seluruh dunia untuk membantu memberikan pendidikan komputer kepada jutaan siswa dan membantu mengubah kehidupan.

“Kami sangat antusias untuk mendukung inisiatif DTS dan membantu siswa Indonesia mempersiapkan diri untuk sukses dengan pengalaman komputasi langsung dan keterampilan teknologi dunia nyata. Kolaborasi dengan MCI ini memperkuat komitmen kami untuk membantu siswa menjadi inovator dan pemimpin teknologi,” kata dia.


Bagikan artikel ini