TNI Jalin Kolaborasi dengan BSSN untuk Perkuat Cyber Security KTT G20


Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkapkan bahwa pihaknya menjalin kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk pengamanan di bidang keamanan siber atau cyber security dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

“Bidang siber, kami bekerja sama dengan BSSN. BSSN dalam hal ini yang menjadi leading sector. Kami sendiri juga punya unsur-unsur yang menggeluti siber, seperti Satsiber TNI dan juga Bais TNI yang memiliki sedikit infrastruktur siber. Intinya, kami ikut apa yang diatur BSSN,” kata Andika dalam keterangannya di Konferensi Pers #G20Updates yang disiarkan secara daring, melansir dari Antara, Jumat (21/10/2022).

Pihak TNI dalam hal ini menyediakan unsur-unsur TNI yang diperlukan di bidang siber, seperti yang disebutkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Unsur tersebut antara lain adalah Satuan Siber Tentara Nasional Indonesia (Satsiber TNI) dan Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI.

Pada kesempatan yang sama, Andika juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaksanakan beberapa kali pertemuan dengan BSSN untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pengamanan siber pada KTT G20 di bulan November mendatang.

“Pada saat technical floor game 30 September kemarin pun, kepala BSSN dengan timnya juga hadir untuk membicarakan beberapa simulasi,” kata Andika.

KTT G20 sendiri akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022, dengan mengangkat tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ untuk mengajak seluruh dunia pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan.

Selain itu, KTT G20 juga memiliki tiga isu prioritas utama yang akan diangkat dan dibahas, diantaranya adalah arsitektur kesehatan global, transisi energi yang berkelanjutan, serta transformasi digital dan ekonomi dunia.


Bagikan artikel ini