Kembangkan Riset Teknologi AI dan Robotika, Fasilkom UI Jalin Kolaborasi dengan Samsung Research Indonesia


Ilustrasi Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) menjalin kolaborasi dengan Samsung Research Indonesia (SRIN) untuk mengembangkan riset teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan robotika.

Hal tersebut pun dilakukan sebagai bagian dari bentuk komitmen UI sebagai perguruan tinggi untuk dapat terus mengembangkan penelitian yang berdampak positif bagi masyarakat di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Dekan Fasilkom UI Petrus Mursanto menuturkan, bahwa program AI dan robotika ini merupakan hal penting yang perlu diterapkan dalam bidang ilmu komputer di perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan program pengembangan riset ini berhubungan dengan program di Fasilkom UI.

“Fasilkom UI mendukung kerja sama ini, karena program yang direncanakan SRIN sangatlah terhubung sekali dengan program Fasilkom UI maupun institusi lain,” kata Petrus dalam keterangan resminya, melansir dari MediaIndonesia.com, Kamis (8/9/2022).

Petrus kemudian mengungkapkan bahwa riset di bidang AI dan robotika ini telah menjadi spesialisasi Fasilkom UI, mengingat UI saat ini tengah fokus mengembangkan berbagai riset melalui AI Center milik mereka.

Petrus juga mengatakan bahwa dengan topik menarik yang sesuai spesialisasi Fasilkom UI, super komputer yang sudah dimiliki oleh UI kemudian dapat terutilisasi secara optimal dengan dukungan program dari mitra seperti SRIN.

“Topik yang ditawarkan menarik, terutama AI yang sudah menjadi spesialisasi Fasilkom UI karena kita memiliki AI Center sehingga super komputer yang kita miliki akan sangat bisa terutilisasi secara optimal dengan berbagai program dari mitra seperti ini. Kami sangat mendukung dan menyambut baik apa yang ingin dikolaborasikan oleh SRIN,” ujar Petrus.

Sementara Head of SRIN Technology Group Risman Adnan menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk dapat mempererat hubungan baik dengan UI, khususnya di bidang ilmu komputer maupun program pengembangan penelitian di bidang AI dan robotika melalui Fasilkom UI.

Risman pun mengatakan bahwa SRIN ingin mengembangkan kapasitas lebih untuk masuk ke ranah AI dan robotika. Selain itu, SRIN juga tengah melakukan eksplorasi di beberapa teknologi baru seperti blockchain.

“Kami juga ingin memastikan SRIN memiliki kerja sama erat dengan universitas terbaik di Tanah Air, yaitu Universitas Indonesia dalam bidang ilmu komputer. Maka dari itu, tujuannya adalah kami ingin eksplorasi kerja sama lebih di sektor AI dan robotika,” tutur Risman.

SRIN merupakan pusat riset dan pengembangan Samsung di Indonesia dan telah melakukan kolaborasi dengan ratusan talenta digital Indonesia. Bersama dengan para talenta digital di usianya yang genap 10 tahun, SRIN telah berhasil mendukung pengembagan berbagai aplikasi dengan pendekatan lokal menuju global.


Bagikan artikel ini