Volta Bersama Telkomsel Terapkan IoT dalam Inovasi Motor Listrik


IOT

Ilustrasi IOT

Volta, kembali memperkuat kolaborasi dengan Telkomsel dalam memperkuat penerapan teknologi Internet of Things (IoT) pada setiap armada motor listriknya menggunakan solusi IoT Telkomsel. Penerapan teknologi IoT ini mengukuhkan peran Volta sebagai produsen motor listrik yang mengedepankan solusi teknologi inovatif.

Volta adalah member dari grup PT M Cash Integrasi Tbk, yang juga merupakan anak usaha PT NFC Indonesia Tbk. Perseroan memahami pentingnya mengintegrasikan teknologi terkini di dalam seluruh elemen ekosistemnya, baik produk maupun infrastruktur.

Penerapan solusi IoT Telkomsel dalam motor listrik Volta membuat pengguna dengan mudah mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai unit motor listrik mereka dari satu aplikasi, seperti status penggunaan baterai, lokasi stasiun pengisian baterai, dan beragam informasi bermanfaat lainnya. Kolaborasi antara Volta dan Telkomsel ini membawa benefit bagi para pengguna Volta dari segi keamanan sebagai prioritas utama.

“Pengguna pun tak perlu merasa khawatir akan keamanan motor listrik Volta karena dengan adanya teknologi IoT ini, pengguna dapat melakukan on atau off mesin dari jarak jauh,” kata Direktur Volta, Iwan Suryaputra, dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu, 23 Juli 2023.

Dia tambahkanVolta akan terus berfokus pada peningkatan performa, dan kualitas keandalan motor listrik serta penguatan infrastrukturnya. Dengan menggabungkan teknologi canggih dan desain yang menawan, Volta akan terus memberikan pengalaman berkendara yang superior kepada pengguna.

“Kolaborasi ini menegaskan komitmen Volta dan Telkomsel dalam mengakselerasi transformasi transportasi di Indonesia dengan menghadirkan solusi yang ramah lingkungan dan terdepan dalam hal teknologi,” jelasnya.

Iwan mengatakan bahwa dengan memanfaatkan teknologi terdepan dan melalui kolaborasi dengan Telkomsel untuk penerapan IoT yang semakin maju, Volta akan terus memperluas batas-batas kemungkinan dalam pengembangan motor listrik. “Volta bertekad untuk menjadi yang terdepan dalam industri transportasi listrik di Indonesia dan berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon, serta turut andil mewujudkan target net zero emisi, dengan mengutamakan teknologi sekaligus inovasi keberlanjutan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit, mengatakan bahwa sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, Telkomsel terus memperkuat perannya dalam mengakselerasi transformasi lintas sektor industri di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terkini.

Kali ini, dengan memperkuat kolaborasi yang telah terjalin bersama Volta, Telkomsel melalui implementasi layanan solusi berbasis teknologi Internet of Things (IoT), mendukung Volta dalam menghadirkan solusi transportasi motor listrik ramah lingkungan yang didukung oleh pemanfaatan teknologi terkini.

“Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh Volta dalam pemanfaatan solusi inovatif berbasis IoT dari Telkomsel. Implementasi teknologi IoT Telkomsel ke dalam ekosistem operasional Volta juga merupakan perwujudan komitmen Telkomsel dalam mendorong adopsi penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, hemat dan efisien bagi masyarakat, yang sekaligus mendukung Indonesia untuk mencapai target pengurangan emisi karbon di tahun 2030 mendatang,” kata Adiwinahyu.


Bagikan artikel ini