Vonage dan Telkomsel Hadirkan Jaringan API yang Mudah Diakses


Logo Telkomsel

Logo Telkomsel

Vonage, sebagai pemimpin global di industri cloud communications yang mempercepat transformasi digital untuk pertumbuhan bisnis yang juga merupakan bagian dari Ericsson, telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia. Kerjasama ini bertujuan untuk memperluas akses terhadap jaringan API bagi pengembang, perusahaan, dan penyedia layanan komunikasi melalui solusi layanan Application Programming Interface (API).

Inovasi Melalui Kolaborasi

Pada 26 Februari 2024, di acara Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol, kedua perusahaan menandatangani Strategic Partnership Agreement (SPA) yang menandai kolaborasi ini. Seckin Arikan, EVP dan Head of Communications Platform as a Service (CPaaS) & Global Network Platform (GNP) Sales Vonage, menyatakan, “Kami sangat antusias mengumumkan kolaborasi kami dengan Telkomsel. Dengan menggabungkan keunggulan layanan global communications dan jaringan API Vonage dengan jaringan API terdepan dari Telkomsel, kami dapat menghadirkan kapabilitas baru bagi para enterprise dan pengguna di Indonesia, sekaligus mengakselerasi inovasi jaringan API. Kami sedang memperluas kolaborasi pemanfaatan CSP Vonage di seluruh dunia dan sangat antusias untuk menghadirkan kapabilitas inovatif ini kepada seluruh pelanggan enterprise di Indonesia."

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk memperluas pemanfaatan jaringan API bagi pengembang, perusahaan, dan Communications Service Providers (CSPs) melalui solusi layanan Application Programming Interface (API).

Komitmen Telkomsel Terhadap Inovasi

Kwok Wai Kiat, Vice President Enterprise Product Management and Development Telkomsel, menegaskan komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan inovasi di industri telekomunikasi digital. Dengan kolaborasi ini, Telkomsel memperluas cakupan layanannya serta membuka peluang baru bagi pengembangan solusi-solusi digital inovatif.

"Kami sangat bersemangat berkolaborasi dengan Vonage dalam memanfaatkan potensi solusi API dan membuka peluang baru di industri telekomunikasi. Kolaborasi ini menegaskan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dengan konsisten menghadirkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi terkini untuk memberdayakan ekosistem digital nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa dengan memberikan layanan yang bernilai tambah bagi seluruh pelanggan," ungkap Kwok Wait Kiat. 

Pemanfaatan Teknologi Terkini

Telkomsel telah menjadi pemain utama dalam menerapkan CAMARA API di industri telekomunikasi digital. Keanggotaannya dalam GSMA Open Gateway Initiative menandai komitmennya untuk memberikan akses universal kepada para pengembang dan perusahaan ke jaringan operator. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan sistem jaringan API mereka dapat berfungsi dengan lancar, tetapi juga untuk membuka pintu bagi inovasi dan pertumbuhan dalam ekosistem digital.

Platform Digihub Telkomsel: Akses Mudah ke Jaringan API

Untuk memfasilitasi akses ke jaringan API bagi pengembang dan perusahaan, Telkomsel meluncurkan Digihub. Digihub adalah sebuah platform yang memberikan akses ke jaringan API Telkomsel bagi para pengembang dan perusahaan. Digihub tidak hanya menjadi jembatan bagi para pelaku bisnis untuk menggali potensi inovatif baru, tetapi juga memfasilitasi pertumbuhan solusi layanan digital yang lebih canggih dan terjangkau. Dengan bantuan layanan API dan komunikasi dari Vonage, pengembang dapat dengan mudah menyematkan fungsi komunikasi ke dalam aplikasi, sistem, dan alur kerja mereka. 

Kolaborasi antara kedua perusahaan ini membuka pintu bagi pengembangan aplikasi yang lebih canggih, aman, dan andal, dengan memanfaatkan kekuatan jaringan 5G dan konvergensi API. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung akselerasi ekosistem inovasi yang terbuka, memberikan solusi baru yang dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi, menciptakan aplikasi baru, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Akselerasi Adopsi Developer

Telkomsel juga akan mengakselerasi adopsi pengembang dengan menyediakan jaringan API-nya melalui Vonage Network Registry. Layanan ini akan memfasilitasi CSPs dalam meningkatkan konsumsi network API dengan menyederhanakan dan menstandarisasi proses persetujuan serta memberikan akses ke API penyedia jaringan bagi Application Service Provider (ASPs).

Kolaborasi antara Vonage dan Telkomsel tidak hanya membawa dampak positif bagi dunia bisnis, tetapi juga bagi ekosistem digital Indonesia secara keseluruhan. Dengan memanfaatkan teknologi terkini dan memberdayakan para pengembang, kemitraan ini membuka pintu menuju masa depan digital yang lebih cerah dan terkoneksi. Kolaborasi ini juga membawa harapan baru bagi dunia telekomunikasi di Indonesia. Dengan memperluas akses terhadap jaringan API, kemitraan ini tidak hanya menghadirkan inovasi, tetapi juga mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Semakin mudahnya akses terhadap teknologi terkini melalui kerjasama seperti ini akan menjadi pendorong utama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju di bidang teknologi dan telekomunikasi.


Bagikan artikel ini