Waspada! Ancaman Spyware Melalui Telegram Mod


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Pengguna Telegram perlu waspada terhadap ancaman spyware yang dapat muncul melalui aplikasi modifikasi Telegram. Meskipun Telegram menawarkan fitur yang bervariasi, beberapa pengguna mencari jalur ilegal dengan mengunduh versi mod untuk mengakses fitur premium tanpa membayar.

Aplikasi mod, atau versi yang telah dimodifikasi, seringkali dapat membahayakan keamanan pengguna dengan menyebarkan berbagai jenis malware yang dapat mengeksploitasi perangkat pengguna. Sebagian besar perusahaan menentang modifikasi ini dan berupaya menindak para pembuat versi mod.

Peringatan ini muncul setelah Kaspersky, perusahaan keamanan siber, mengumumkan pada bulan September bahwa modifikasi dari aplikasi Telegram banyak digunakan untuk menyebarkan malware. Beberapa versi mod bahkan muncul di Google Play, menyamar sebagai versi lebih cepat dan ringan dengan menggunakan gambar Telegram, tetapi disertai dengan bahasa yang mencurigakan, terutama bahasa China.

Meskipun secara visual mirip dengan versi resmi, kode di balik aplikasi mod ini jelas berbeda. Para pengguna yang mengunduhnya berisiko menjadi sasaran mata-mata, dengan pengembang dapat mengakses informasi pribadi pengguna, termasuk kontak, pesan, file, dan nomor telepon.

Kaspersky menduga bahwa kelompok peretas siber GREF, yang diduga terkait dengan pemerintah China, berada di balik distribusi spyware ini. Meskipun beberapa aplikasi palsu sudah dihapus dari Google Play Store dan Samsung Galaxy Store, masih banyak aplikasi modifikasi lainnya yang berbahaya dan perlu dihindari guna melindungi keamanan informasi pengguna.

Untuk mengurangi risiko, para pengguna disarankan untuk selalu mengunduh aplikasi dari platform resmi dan memeriksa dengan teliti sebelumnya. Mencari informasi tentang pengembang, memeriksa peringkat dan ulasan aplikasi, serta tidak mengunduh dari play strore pihak ketiga atau situs web yang diragukan keamanannya adalah langkah-langkah yang perlu diambil.

Penting juga untuk menggunakan aplikasi keamanan untuk melindungi perangkat dari ancaman yang mungkin terkandung dalam aplikasi modifikasi. Dengan tetap waspada dan mengikuti langkah-langkah keamanan ini, pengguna dapat menjaga informasi pribadi mereka dari potensi bahaya yang dapat disebabkan oleh aplikasi modifikasi yang terinfeksi spyware.


Bagikan artikel ini