WhatsApp Akan Kehilangan Cadangan Data Cloud di Google Drive


Media Digital

Ilustrasi media digital

Berdasarkan String Code (data text pemograman) baru menunjukkan WhatsApp akan kehilangan penyimpanan cloud Google Drive, terjadi beberapa bulan setelah muncul bahwa WhatsApp membebaskan pengguna mengelola ukuran cadangan pengguna.

WhatsApp mendukung kemampuan untuk mencadangkan data Anda ke cloud di Android dan iOS. Tetapi iCloud menawarkan penyimpanan dalam jumlah terbatas untuk perangkat Apple, sedangkan Google Drive menawarkan cadangan tak terbatas untuk data WhatsApp.

Namun, sepertinya pengaturan Google ini bisa berubah dalam waktu dekat. Keterangan rahasia WhatsApp dari WABetaInfo telah menemukan serangkaian kode yang secara khusus merujuk batas penyimpanan untuk Google Drive. 

Belum terungkap  kepastiannya entang batas penyimpanan yang dikenakan Google Drive di WhatsApp saat ini, semoga itu tidak termasuk dalam batas penyimpanan 15GB gratis.

Berita ini juga muncul beberapa bulan setelah WABetaInfo menemukan fitur mendatang yang memungkinkan pengguna  mengelola ukuran cadangan WhatsApp di Android. Fitur ini memungkinkan pengguna mengecualikan jenis file seperti foto, dokumen, dan video. Untuk tidak dicadangkan, jadi WhatsApp akan memberikan beberapa opsi untuk mengatur batasnya.

Bagaimananpun, itu tidak terlalu mengejutkan untuk melihat WhatsApp menghilangkan penyimpanan Google Drive tanpa batas. Sebelumnya Google telah hilangkan cadangan Foto tanpa batas tahun lalu, jadi hal tersebut  juga bisa menjadi bagian dari dorongan Google untuk paket penyimpanan berbayar.

Padahal fitur penyimpanan cloud WhatsApp diumumkan sejak oktober 2021 bisa menjangkau dalam mengatur opsi untuk menyimpan log pesan terenkripsi di Google Drive.

Fitur utama bisa memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan masa lalu mereka bahkan jika mereka kehilangan ponsel mereka. Meskipun Anda mungkin tidak ingin menyimpan semua yang pernah Anda kirim, mungkin ada beberapa momen khusus dan percakapan penting yang tidak ingin Anda hilangkan, dan di situlah cloud backup berguna.


Bagikan artikel ini