WhatsApp Merilis Enkripsi End-to-End untuk Cloud Backup, Lindungi Privasi Pengguna


Media Digital

Ilustrasi media digital

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur yang memungkinkan enkripsi ke chat cloud backup. Fitur yang memungkinkan enkripsi ini akan membuat pengguna WhatsApp dapat menyimpan salinan riwayat pesan tanpa perlu mengorbankan privasi mereka.

Fitur enkripsi untuk chat cloud backup ini diluncurkan secara bertahap oleh WhatsApp. Pada musim panas lalu, cloud backup terenkripsi pertama kali tiba untuk beberapa pengguna WhatsApp beta. Namun dikarenakan masih dalam versi beta, banyak orang yang tidak memiliki akses ke fitur tersebut.

WhatsApp memulai peluncuran fitur cloud backup terenkripsi secara lebih luas pada Kamis (14/10/2021) untuk menjangkau pelanggan yang menginginkan opsi penyimpanan pada iCloud ataupun Google Drive. Melansir dari Slashgear, Jumat (15/10/2021) opsi penyimpanan tersebut merupakan fitur utama, karena memungkinkan pengguna untuk mengakses pesan masa lalu milik mereka.

Bahkan, akses juga dapat dilakukan pelanggan jika mereka kehilangan ponsel mereka. Selain itu, pelanggan mungkin tidak akan menyimpan semua pesan yang sudah terkirim, namun tentunya ada momen khusus di mana pelanggan ingin melihat kembali percakapan penting yang dilakukan. Pada saat ini lah cloud backup memiliki peran penting.

Cadangan cloud terenskripsi end-to-end sendiri mencakup log obrolan, panggilan video, pesan suara, pesan berbasis teks, serta media. Pengguna memiliki opsi untuk melakukan pengamanan penyimpanan enkripsi dengan kunci enkripsi 64 digit ataupun dengan menggunakan kata sandi.

Sementara untuk mengakses fitur terbaru WhatsApp ini, pengguna memerlukan versi terbaru WhatsApp di Android atau iOS. Guna mengakses fitur ini, pengguna bisa membuka opsi pengaturan, lalu ketuk obrolan, cadangan obrolan, dan cadangan terenkripsi end-to-end. Setelah itu pengguna akan diminta untuk membuat kata sandi atau kunci enkripsi, kemudian proses pencadangan akan dimulai.


Bagikan artikel ini