Ubah Teks Menjadi Suara Semirip Penutur Asli, Widya Wicara Kembangkan Teknologi Text to Speech


Business Development Executive Widya Wicara Agung Satriyo paparkan pengembangan Teknologi Text to Speech

Business Development Executive Widya Wicara Agung Satriyo paparkan pengembangan Teknologi Text to Speech

Widya Wicara merupakan platform suara berbahasa Indonesia yang bertujuan untuk menghadirkan produk-produk yang disesuaikan dengan kekayaan budaya dan bahasa. Widya Wicara berupaya mengembangkan keunikan rancangan teknologi suara yang memiliki nilai dan manfaat tinggi bagi bangsa. 

Dalam Webinar AI Product Showcase Week, Widya Wicara mengenalkan beberapa produk dan solusi yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yakni Smart Speaker, Chatbot, Speech to Text, dan Text to Speech.

Pada produk Smart Speaker, lanjut Agung, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, pada Chatbot merupakan layanan yang dapat merespon chat customer yang efektif dan efisien.

"Speech to Text merupakan teknologi yang dapat mengubah input suara manusia menjadi tulisan dan akan mempermudah kegiatan yang membutuhkan transkripsi percakapan. Serta pada layanan Text to Speech, teknologi yang dapat mengubah text menjadi suara dengan satu ketukan saja," ujar Business Development Executive Widya Wicara Agung Satriyo Pujiariadi dalam paparannya di Webinar AI Product Showcase Week: Widya Wicara, Jumat (17/06/2022).

Pada Webinar yang digelar oleh KORIKA ini, Agung menambahkan, Widya Wicara lebih menekankan pada salah satu solusinya yaitu Text to Speech (TTS) mengembangkan teknologi yang dapat mengubah teks menjadi suara semirip mungkin dengan penutur asli secara otomatis.

"Widya Wicara mengangkat bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam pengembangan text to speech ini. Selain itu, Widya Wicara juga sedang mengembangkan text to speech dengan bahasa asing lainnya. Beberapa fitur yang tersedia dalam Text to Speech Widya Wicara seperti integrasi API, custom voice, Software as a Service TTS, dan custom language," tutur Agung.

Agung juga menuturkan beberapa keuntungan dalam menggunakan layanan Text to Speech adalah biaya produk audio lebih murah karena tidak memerlukan berbagai alat tambahan seperti perekam suara, studio, bahkan tak memerlukan voice over talent, produksi audio 24/7 sesuai kebutuhan tanpa perlu menunggu waktu khusus untuk membuat audio, dan waktu pengerjaan yang lebih cepat yang dapat mengonversi teks 500 karakter hanya dalam waktu 2,9 detik, 760% lebih cepat dari manusia. Hal ini membuat produksi audio menjadi lebih efektif dan efisien. 

Text to Speech Widya Wicara juga memiliki lima keunggulan yaitu yang pertama adalah suara yang dihasilkan natural sehingga lebih mudah untuk dipahami dan yang kedua adalah TTS Widya Wicara menyediakan kustomisasi opsi suara seperti  integrasi API, custom voice, Software as a Service TTS, ketiga adalah dapat membaca akronim yang sudah baku seperti BMKG, BUMN, dan lainnya.  

Keuntungan yang keempat adalah dapat mengetahui tanda baca sehingga jeda untuk tanda titik dan koma dapat dibedakan dengan baik dan benar. Keuntungan yang terakhir adalah dapat membaca angka tanpa perlu ditulis dalam kosakata seperti 257.600 yang akan dibaca tanpa perlu kosakata.

Penggunaan Text to Speech dapat digunakan di berbagai bidang public space, audio buku, news anchor, public transportation, media berita online, narator video, customer service, alat pembelajaran, GPS, smart TV, iklan, mobile app, dan konten marketing. 


Bagikan artikel ini