WIR Group Jalin Kemitraan dengan Cakap untuk Hadirkan Teknologi Metaverse di Bidang Pendidikan


Realitas Virtual Metaverse

Realitas Virtual Metaverse

WIR Group baru-baru ini menandatangani nota kesepahaman dengan startup pengembang aplikasi edukasi teknologi yang berfokus pada dunia pendidikan, Cakap, dan merupakan titik awal untuk kolaborasi pengembangan platform metaverse di dunia pendidikan.

Pada kesempatan yang sama, WIR Group juga mengumumkan bahwa pihaknya akan berpartisipasi untuk mengisi Indonesian Pavilion di ajang World Economic Forum (WEF) 2022. Kesempatan ini pun dimanfaatkan WIR Group untuk dapat menunjukkan pada dunia soal Indonesia modern dengan visi global serta futuristik.

“Kepercayaan ini merupakan buah dari komitmen WIR Group dalam mengembangkan teknologi masa depan berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI), serta memberikan solusi bagi berbagai klien baik di dalam dan luar negeri,” kata Direktur Utama WIR Group, Michael Budi dalam keterangan resminya, Senin (23/5/2022).

Melalui WEF 2022, WIR Group akan berkolaborasi dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sementara kolaborasi yang dijalin dengan Cakap ini juga direncanakan akan ditampilkan pula di WEF 2022 di Davos tersebut.

WIR Group akan menunjukkan serta mendemonstrasikan purwarupa aplikasi teknologi metaverse untuk dunia pendidikan terhadap delegasi WEF. Pada WEF 2022 nanti, WIR Group bekerja sama dengan Cakap akan memperlihatkan sistem pembelajaran daring interaktif yang akan semakin menarik.

Sistem pembelajaran ini pun diyakini dapat memberikan pengalaman baru, didukung dengan teknologi metaverse. Kehadiran sektor pendidikan Indonesia di dalam metaverse kemudian diharapkan mampu menunjukkan kepada dunia mengenai kemajuan pengembangan teknologi, khususnya teknologi digital di Indonesia.

CTO dan Co-Founder Cakap Yohan Limerta menyebut, bahwa kerja sama dengan WIR Group sejalan dengan visi Cakap untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, dengan memberikan pendidikan yang berkualitas tinggi, mudah diakses, serta dapat diterima dan terjangkau.

Sementara Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Nurul Ichwan menuturkan bahwa platform metaverse menawarkan sejumlah pengalaman baru serta peluang yang sebelumnya tidak dapat dibayangkan. Metaverse dipercaya akan menjadi tren dan menjadi jawaban untuk tantangan di era digital tanpa batas.

“Sudah seharusnya dunia pendidikan berada di garda depan dalam pengembangan teknologi ini. Kami percaya, dengan keahlian dan pengalaman WIR Group di bidang AR/VR dan AI, berkolaborasi dengan Cakap, akan menjadikan dunia pendidikan Indonesia lebih interaktif dan efisien,” ungkap Nurul.


Bagikan artikel ini