IoTSF : Xiaomi Punya Nilai Tertinggi Mengenai Keamanan Produk IoT


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Perusahaan teknologi asal Cina, Xiaomi disebut meraih nilai tertinggi dalam hal keamanan produk IoT. Hal ini diperoleh perusahaan besutan Lei Jun tersebut dari laporan bertajuk "The Contemporary Use of Vulnerability Disclosure Report" oleh Internet of Things Security Foundation (IoTSF)

Berdasarkan laporan tersebut, Xiaomi termasuk dalam perusahaan teknologi yang memiliki akuntabilitas terbaik dalam mempubilkasikan laporan mengenai celah kerentanan cybersecurity mereka. Hal ini untuk memastikan komitmen perusahaan untuk mengakui jika mereka memiliki celah kerentanan serta berupaya untuk menanganinya.

Xiaomi sendiri berada dalam "daftar hijau" laporan IoTSF bersama dengan 20 perusahaan lainnya seperti Google, Microsoft, Siemens, Bosch, LG, dan Panasonic. Hal ini berarti Xiaomi tidak hanya lolos tes dasar, tetapi juga lolos pengujian tambahan dari IoTSF.

Founder & Direktur Pelaksana IoTSF John Moor sendiri menyampaikan, bahwa misi dari IoTSF adalah untuk mendorong produk IoT aman saat dihubungkan dengan internet. Oleh karena itu, IoTSF kemudian membangun kesadaran dan menjalin kerja sama dengan berbagai brand IoT untuk memprioritaskan keamanan pengguna dam mengawasi naiknya ancaman cybersecurity pada perangkat IoT.

"Xiaomi adalah contoh baik atas brand yang bertanggung jawab dalam memenuhi hal tersebut sekaligus serius dalam hal keamanan produk IoT," kata John Moor dalam keterangannya, melansir dari Merdeka.com, Kamis (9/12/2021).

IoTSF pun menyebut bahwa Xiaomi sudah mempublikasikan Vulnerable Disclosure Policy secara berkala sejak tahun 2019. Selain itu, Xiaomi juga dikatakan telah bersikap transparan dalam mematuhi prinsip keamanan di semua tahap dari siklus hidup produk.

Tidak hanya itu, Xiaomi juga telah membangun platform artificial intelligence internet of things (AIoT) terbesar di dunia, dengan lebih dari 374,5 juta perangkat pintar yang terhubung dengan platform ini. Jumlah tersebut pun tidak termasuk smartphone dan laptop per 30 Juni 2021.

Pada Juli 2021, salah satu produk Xiaomi yaitu Mi 360° Home Security Camera 2K mendapatkan sertifikasi Kitemark™ Certification for Residential IoT Devices dari British Standard Institution (BSI). Selain itu, Xiaomi juga memperoleh sertifikasi Kitemark™ Certification for Secure Digital Applications untuk aplikasi Xiaomi Home guna memastikan keamanan data pengguna.


Bagikan artikel ini