Zebra MotionWorks Proximity, Solusi Zebra Technologies untuk Cegah Penyebaran COVID-19


Logo Zebra Technologies

Logo Zebra Technologies

Pemerintah di seluruh dunia saat ini telah mengeluarkan berbagai pedoman protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. Pedoman ini berlaku terutama bagi perusahaan yang masih memerlukan karyawannya untuk datang ke kantor dan bekerja.

Maka dari itu, perusahaan dan tempat-tempat lainnya pun diharuskan mematuhi protokol kesehatan dan membuat kebijakan internal mengenai hal tersebut, seperti melakukan social distancing, contact training, dan disinfeksi fasilitas usaha mereka.

Guna membantu mematuhi pedoman tersebut, Zebra Technologies pun meluncurkan Zebra MotionWorks Proximity. Solusi yang ditawarkan ini diklaim Zebra Technologies memberikan sensor jarak dengan memberi peringatan serta contact training atau melacak riwayat kontak untuk memabntu pengusaha menjaga kesehatan karyawan saat bekerja.

Zebra MotionWorks Proximity juga diklaim memenuhi seluruh pedoman protokol kesehatan, terutama kondisi saat ini di mana banyak perusahaan yang membutuhkan berbagai opsi pilihan untuk menentukan strategi pembukaan kembali bisnis mereka.

“Untuk melindungi para pekerja kami di garis depan dan mereka yang kembal bekerja dari kantor, kami telah memprioritaskan masalah kesehatan dan keselamatan karyawan,” kata Fang-How Lim, Regional Director Asia Tenggara, Zebra Technologies Asia Pasifik.

Lim menjelaskan, pihaknya telah menetapkan, mengembangkan, serta menerapkan solusi proximity sensing. Zebra Technologies juga mengembangkan peringatan dan pelacakan riwayat kontak pada salah satu fasilitas distribusi terbesar mereka, dan solusi MotionWorks Proximity ini telah hadir untuk pelanggan dan karyawan di lingkungan manufaktur dan perdagangan.

Solusi Zebra MotionWorks Proximity dapat memberikan informasi mengenai proximity serta contact tracing, dashboard, dan laporan untuk perusahaan yang juga termasuk proximity alert untuk karyawan mereka.

Data laporan untuk informasi tersebut akan terhubung dengan ID Karyawan atau ID pelanggan anonim sehingga perusahaan memiliki informasi untuk ditindaklanjuti. Tindak lanjut yang diberikan pun tidak mengorbankan privasi individu sehingga berbeda dengan contact tracing lainnya.

Zebra MotionWorks Proximity adalah solusi yang memanfaat teknologi Bluetooth Low-Energy (BLE) dan WiFi, serta merupakan solusi perangkat unak yang hosting di cloud. Implementasi solusi pun termasuk cepat dan dapat dikelola secara jarak jauh sehingga layanan profesional di tempat pun tidak diperlukan.

Selain itu, solusi dari Zebra Technologies ini juga tidak memerlukan infastruktur baru dan dapat digunakan pada perangkat Zebra berbasis Android yang sudah dimiliki sebelumnya ataupun menggunakan perangkat baru dalam berbagai bentuk dan harga.

“Keuntungan dari pelacakan kontak kami adalah solusi ini menggunakan perangkat yang saat ini sudah digunakan di pekerja di garis depan, sehingga meminimalkan biaya tambahan dan bisa digunakan dengan cepat oleh karyawan,” jelas Lim.