Kolaborasi dengan Huawei, 3 Indonesia Resmikan DNOC yang Berbasis AI dan ML


Huawei

Huawei

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia pada Selasa, 18 Mei 2021 lalu mengumumkan peresmian DNOC (Digital Network Operation center) di Jakarta. DNOC milik 3 Indonesia ini sendiri merupakan hasil kolaborasi bersama dengan Huawei Indonesia yang diklaim memiliki standar keandalan tertinggi untuk memastikan pengoperasian jaringan 3 Indonesia.

DNOC dipastikan mendukung pengoperasian jaringan 3 Indonesia yang lancar tanpa gangguan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, bahkan 365/366 dalam setahun. 3 Indonesia juga menegaskan bahwa DNOC milik mereka dilengkapi dengan sistem catu daya redundant sehingga tetap bisa beroperasi meskipun terdapat gangguan listrik.

“Selama dua tahun terakhir, jumlah sites 4G kami di seluruh Indonesia telah tumbuh hampir dua kali lipat, menjadikannya sebagai jaringan seluler 4G terbesar ketiga di Indonesia. DNOC baru kami memungkinkan 3 Indonesia untuk meningkatkan pengelolaan jaringan dan membuka jalan bagi konektivitas 5G,” kata Cliff Woo, Presiden Direktur Hutchinson 3 Indonesia pada saat peresmian, Selasa (18/5/2021).

Woo melanjutkan, keberadaan DNOC juga menjadi bukti komitmen kuat 3 Indonesia untuk terus menghadirkan jaringan yang andal bagi para pelanggan. Hal ini agar pelanggan dapat memiliki pengalaman terbaik kapan pun dan di mana pun dalam kehidupan digital mereka.

Sementara itu, CEO Huawei Indonesia Jacky Chen mengatakan bahwa DNOC yang telah diresmikan akan meningkatkan kualitas serta efisiensi operasional jaringan 3 Indonesia dengan teknologi dan fasilitas yang mutakhir.

“Pusat operasi ini meningkatkan ruang kontrol jaringan dengan teknologi dan fasilitas mutakhir, termasuk pusat komando untuk keadaan darurat dan kontrol akses mutakhir, serta fitur keamanan bagi personel untuk memasuki area operasi,” kata Chen.

3 Indonesia juga mengklaim bahwa DNOC baru ini juga didukung dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, utamanya pada machine learning (ML) atau pembelajaran mesin yang mutakhir untuk memonitor, mengontrol, serta mengoperasikan jaringan 3 Indonesia.

Adapun cakupan jaringan 3 Indonesia yang dimonitor, dikontrol, serta dioperasikan dengan dukungan teknologi AI dan ML dari DNOC baru ini adalah jaringan di daerah Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Tidak hanya AI dan ML, DNOC juga menghadirkan augmented reality (AR) yang bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi suatu tindakan. 3 Indonesia menyebutkan kehadiran AR ini akan memungkinkan efisiensi yang lebih baik untuk pengoperasian dan pemeliharaan jaringan 3 Indonesia, termasuk dalam pemulihan jaringan pascabencana.


Bagikan artikel ini