CEO Chatbot, Sam Altman Dipecat dari OpenAI


CEO OpenAI, Sam Altman

CEO OpenAI, Sam Altman

Secara mengejutkan dewan direksi OpenAI, perusahaan yang menciptakan chatbot ChatGPT, memutuskan untuk mencopot Sam Altman dari posisinya sebagai kepala eksekutif. Tidak hanya itu, pendiri OpenAI lainnya, Greg Brockman, juga dicopot dari jabatannya sebagai ketua dewan direksi. Keputusan ini didasarkan pada keputusan dewan direksi perusahaan yang menyatakan Altman melakukan tindakan tidak jujur dan  hasil dari peninjauan internal yang dilakukan oleh dewan.

Pernyataan resmi dari dewan direksi OpenAI menyatakan, "Kepergian tuan Altman terkait proses peninjauan yang disengaja oleh dewan, yang menyimpulkan dia tidak secara konsisten jujur dalam komunikasi dengan dewan, jadi menghambat kemampuan dewan melaksanakan tanggung jawabnya,". Meski demikian, tidak dijelaskan secara rinci apa yang sebenarnya disembunyikan Altman dari direksi OpenAI.

Altman, juga telah memberikan tanggapan setelah pemecatannya. Melalui cuitan di akun media sosialnya, dia mengakui bahwa meskipun tidak banyak bicara, dia berjanji akan mengungkapkan lebih banyak informasi di masa depan. Altman juga mengungkapkan kecintaannya terhadap pengalaman bekerja di OpenAI, menyebutnya sebagai masa transformatif dan menyoroti kerja sama dengan individu berbakat di perusahaan tersebut.

"Saya menyukai waktu saya di OpenAI. Ini merupakan masa transformatif untuk saya pribadi dan semoga dunia sedikit berubah. Paling sayang sukai adalah bekerja dengan orang-orang berbakat. Akan berbicara lebih banyak soal apa yang terjadi nanti," kata Altman.

Pergantian Altman sebagai CEO akan diisi oleh Mira Murati, yang sebelumnya menjabat sebagai CTO OpenAI dan telah terlibat dalam kepemimpinan perusahaan selama lima tahun terakhir.

Pengumuman pemecatan ini disebut-sebut telah mengejutkan banyak karyawan OpenAI, beberapa di antaranya bahkan mengetahui informasi tersebut melalui pengumuman internal dan blog perusahaan untuk publik. Selain pemecatan Altman, Greg Brockman juga mengundurkan diri dari posisinya sebagai ketua dewan, tetapi tetap menjabat sebagai presiden OpenAI.

Brockman mengungkapkan alasan kepergiannya terkait dengan pemberitaan yang muncul pada hari yang sama dengan pemecatan tersebut. Dalam cuitannya, dia menuliskan, "Namun berdasarkan berita hari ini, saya keluar."

Pertemuan terpisah antara Altman dan Brockman juga diungkapkan, di mana Altman hadir dalam pertemuan dewan melalui Google Meet tanpa kehadiran Brockman. Brockman menyatakan bahwa dia baru mengetahui keputusan pemecatan tersebut saat ikut dalam pertemuan dewan selanjutnya. "Sejauh yang kami tahu, tim manajemen baru mengetahui hal ini tidak lama, selain Mira yang sudah mengetahuinya malam sebelumnya," kata Brockman.

Perubahan besar ini menambahkan elemen dramatis dalam perjalanan OpenAI, perusahaan yang telah menjadi sorotan utama dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan. Publik menantikan penjelasan lebih lanjut dari Altman dan pengungkapan rincian yang lebih jelas terkait keputusan kontroversial ini.


Bagikan artikel ini