Teknologi AI Disebut Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat di Era Society 5.0


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

CEO Fox Logger Alamsyah Cheung menyebutkan bahwa Society 5.0 akan tercipta di Indonesia dalam waktu kurang dari satu dekade mendatang. Society 5.0 sendiri merupakan konsep mengenai masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

Pada masa Society 5.0, masyarakat kemudian diharapkan untuk mampu menyelesaikan beragam tantangan serta permasalahan yang dihadapi dengan memanfaatkan berbagai inovasi teknologi yang lahir di era revolusi industri 4.0.

“Teknologi itu berbasis AI (artificial intelligence), robot, dan IoT (internet of things). Maka dengan memanfaatkan teknologi tersebut, diharapkan masyarakat bisa meningkatkan kualitas kehidupannya,” kata Alamsyah dalam keterangan resminya, melansir dari Merdeka.com, Senin (5/12/2022).

Menurut Alamsyah, ada dua hal utama yang mempertegas bahwa era Society 5.0 tidak dapat dihindari. Pertama, adalah penerapan teknologi 5G yang saat ini terus digalakkan oleh pemerintah. Kedua, adalah jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Pertumbuhan kedua hal tersebut diyakini bisa mendorong terciptanya Society 5.0.

Oleh karena itu, Fox Logger pun terus membenahi dan mengembangkan diri sebagai sebuah platform AI tahap lanjutan yang mampu melakukan analisis lebih jauh terhadap pergerakan objek yang dipantau. Melalui pengembangan ini, diharapkan perangkat berbasis IoT dari Fox Logger bisa semakin presisi dalam penggunaannya.

“Bukan hanya kendaraan pribadi ataupun operasional, namun juga termasuk orang tua kita yang sudah berusia senja ataupun anak-anak kita, semuanya bisa terpantau hingga keselamatan mereka bisa selalu terjaga. Bahkan pergerakan hewan kesayangan kita pun dapat dipantau,” pungkas Alamsyah.


Bagikan artikel ini