Alibaba Cloud Sebut Potensi Blockchain dan Web3 di Indonesia


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Inovasi teknologi saat ini terus berkembang, salah satunya adalah teknologi blockchain dan Web3 yang kini telah menjadi tren di beberapa negara termasuk di Indonesia. Blockchain dan Web3 sendiri diklaim sebagai teknologi open-source yang aman terdesentralisasi, dan transparan.

Head of International Industry Solutions & Architecture Alibaba Cloud Intelligence Raymond Xiao menyampaikan, bahwa potensi blockchain dan Web3 di Indonesia mulai terlihat sejak banyak generasi muda di Indonesia yang mempelajari teknologi inovatif terbaru, termasuk blockchain dan Web3.

“Untuk Web3, ini didukung dan diperkuat oleh kriptografi blockchain. Web3 dan blockchain adalah salah satu teknologi yang terus kita tingkatkan, dan hingga saat ini kami telah melihat banyak inovasi dibangun di atas blockchain dalam bentuk yang beragam seperti dalam sektor finansial, pendidikan, logistik, dan masih banyak lagi,” ungkap Raymond dalam acara Alibaba Cloud Developer Summit 2023, Selasa (10/1/2023).

Raymond pun mengungkapkan bahwa dalam hal ini, Alibaba Cloud akan terus mengupayakan perluasan dalam pembangunan Web3 yang dilakukan secara inovatif, dan di Indonesia sendiri sudah banyak inovator dari generasi muda yang banyak belajar terkait teknologi terbaru, hingga membangun proyek Web3 di atas cloud dan menikmati manfaat dari cloud computing.

Lebih lanjut, Raymond juga mengungkapkan bahwa dengan potensi di Indonesia saat ini generasi muda dapat terus melakukan inovasi dalam teknologi terkait dengan komputasi awan atau cloud computing, blockchain, hingga Web3 untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Head of Solution Architect Alibaba Cloud Intelligence Indonesia Eggy Tanuwijaya menyampaikan pula bahwa menurutnya, saat ini Indonesia masih berada di tahap awal dari perkembangan teknologi blockchain dan Web3.

“Di Indonesia sendiri saat ini masih berada di tahap awal, itulah mengapa saya informasikan bahwa pada tahun ini Alibaba Cloud akan fokus salah satunya adalah di Web3. Ini karena kami telah memiliki layanan blockchain-as-a-service dan lami juga berinvestasi di local guide terkait dengan blockchain,” jelas Eggy.

Eggy juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada pasar terkait hal ini, serta mengembangkan dan memperluas penggunaan blockchain dan Web3 di berbagai organisasi di banyak sektor seperti finansial dan manufaktur untuk memaksimalkan implementasi teknologi ini.

Pembangunan serta pengembangan layanan terkait blockchain dan Web3 juga dilakukan oleh tim internal Alibaba Cloud. Eggy pun menambahkan bahwa Alibaba Cloud akan terus melakukan pelatihan dan mempromosikan pengetahuan serta keterampilan Web3 bagi ekosistem lokal di Indonesia, termasuk mengembangkan talenta digital lokal.


Bagikan artikel ini