Alibaba Cloud Dukung Transformasi Digital Melalui Cloud Computing


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Perusahaan penyedia layanan cloud computing asal Cina, Alibaba Cloud terus memberikan dukungan bagi pelanggannya untuk melakukan transformasi digital. Alibaba Cloud di Indonesia sendiri telah beroperasi selama lebih dari empat tahun, dengan layanan cloud global yang didukung tiga data center dan satu scrubbing center lokal.

“Kami percaya dapat menyediakan infrastruktur cloud yang terpercaya dan aman, dengan performa terbaik yang sepenuhnya mematuhi peraturan setempat serta senantiasa memperluas produk dan layanan inovatif kami, agar dapat memenuhi berbagai permintaan dari para klien, baik di pusat kota maupun di daerah lainnya,” kata General Manager Alibaba Cloud Intelligence Indonesia, Leon Chen dalam keterangannya, melansir dari Swa.co.id, Senin (13/6/2022).

Ketiga data center yang dimiliki oleh Alibaba Cloud, antara lain adalah PolarDB, Analytics DB, dan Alibaba Cloud Container untuk sistem Kubernetes, yaitu platform open-source yang dimanfaatkan untuk melakukan manajemen beban kerja aplikasi yang dikontainerisasi, serta menyediakan konfigurasi dan otomatisasi secara deklaratif.

Alibaba Cloud Container kemudian mendukung sistem Kubernetes untuk beroperasi secara lebih efektif untuk mendukung klien meningkatkan penggunaan cloud mereka dengan biaya yang lebih hemat, terutama selama masa pandemi.

Leon Chen memaparkan, bahwa Alibaba Cloud dengan tiga data center lokal yang beroperasi di pasar telah melayani kebutuhan transformasi digital bisnis dari berbagai sektor dan skala bisnis. Mulai dari UMKM, unicorn, hingga perusahaan besar seperti Astra Financial, Adira Finance, Akulaku, Kopi Kenangan, dan Garuda Indonesia.

Tiga data center lokal yang beroperasi untuk mendukung cloud computing pelanggan ini mampu menghadirkan rangkaian produk dan layanan yang secara komprehensif menjawab tantangan di industri vertikal.

“Kami memiliki tim lokal yang berinteraksi secara intens dengan klien kami setiap hari, guna memahami kebutuhan aktual mereka dan bersama-sama menghasilkan solusi pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan klien,” terang Leon Chen.

Salah satu pengguna layanan Alibaba Cloud adalah Speedwork Autocare. CEO Speedwork Autocare Foeryanto Jawoto mengungkapkan, bahwa perusahaannya telah memanfaatkan infrastruktur cloud dari Alibaba Cloud, seperti jaringan dan database untuk membangun fondasi teknologi yang kuat di bisnis perdagangan digitalnya yang berkembang dengan pesat.

“Memanfaatkan infrastruktur teknologi Alibaba Cloud yang tangguh dan aman, kami dapat memanfaatkan kekuatan komputasi awan untuk mendorong pertumbuhan bisnis kami, dan memberikan layanan tanpa batas kepada klien kami,” tutur Foeryanto.

Sementara pengguna layanan Alibaba Cloud yang lain yaitu Teman Bumil, telah memanfaatkan layanan containerization, keamanan, dan penyimpanan atau storage dari Alibaba Cloud untuk mendukung layanan mereka bagi para ibu.

“Kami senang telah mencapai kesuksesan bersama dengan Alibaba Cloud, dan kami berharap bisa memberikan manfaat yang lebih besar kepada para ibu dengan menggunakan infrastruktur cloud dari Alibaba,” ungkap Evi Kristianti, Head of Patient Pillar PT Global Urban Esensial, pengelola Teman Bumil.

Leon Chen sendiri mengklaim bahwa Alibaba Cloud telah membangun ekosistem yang kuat dengan lebih dari 100 mitra lokal, termasuk menawarkan solusi kebutuhan khusus klien lokal dengan teknologi terbaik dan keahliannya.

Ia juga menegaskan bahwa Alibaba Cloud terus berkomitmen untuk memberdayakan talenta digital, dan berharap dapat tumbuh bersama dengan klien serta menjadi mitra terpercaya mereka dalam melakukan perjalanan transformasi digital.

Alibaba Cloud ke depannya juga berencana untuk memperkenalkan lebih banyak teknologi terkemuka dan solusi berbasis cloud-native yang mutakhir, dan dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan industri di pasar. Hal ini untuk mempercepat kebutuhan transformasi digital klien di tahun 2022 ini. 


Bagikan artikel ini