Alibaba Cloud Perkenalkan Komputasi Awan Melalui Acara Tahunan


Alibaba Cloud

Ilustrasi Alibaba Cloud

Teknologi komputasi awan atau cloud computing kini telah menjadi tulang punggung dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Cloud computing kini banyak dimanfaatkan sebagai infrastruktur di berbagai sektor kehidupan, sejalan dengan masifnya pergeseran aktivitas masyarakat ke ranah daring.

Country Manager Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen pun menyampaikan bahwa saat ini, hampir seluruh aktivitas masyarakat dari pagi hingga malam hari ditopang oleh teknologi. Lalu di tengah keadaan ini, cloud computing menjadi faktor penting untuk dapat menopang transformasi digital yang semakin masif.

“Secara umum, aktivitas harian kita sangat berubah dibandingkan sepuluh tahun lalu. Digitalisasi terus berjalan, dan teknologi cloud menjadi underlying bagi semua layanan digital tersebut,” ungkap Leon dalam acara bertajuk ‘1 Day in Life with Alibaba Cloud’ yang dihelat secara daring, Kamis (6/1/2022).

Leon juga menyampaikan bahwa Alibaba Cloud telah hadir di Indonesia sejak 2016, dan telah mengembangkan tim lokal, ekosistem, jejaring mitra termasuk startup, serta menjalankan program digital talent untuk melayani kebutuhan bagi berbagai pihak mulai dari pelaku UMKM hingga perusahaan berskala multinasional.

Leon juga mengungkapkan bahwa Alibaba Group bertujuan untuk mempermudah pengembangan bisnis di manapun. Pada tahun 2022 sendiri, pihaknya akan memperluas layanan di pasar Indonesia. Alibaba Cloud disebut siap bekerja sama dengan banyak mitra untuk memperkuat ekosistem terutama finansial, manufaktur, serta industri ritel.

Sementara di kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) Alex Budiyanto juga menekankan perlunya edukasi yang masif bagi masyarakat terkait pentingnya layanan komputasi awan.

“Kami sudah sering melakukan kerja sama dengan Alibaba Cloud untuk mengedukasi pasar Indonesia. Semoga semakin bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan pemanfaatan cloud serta menguatkan ekosistem cloud computing di Indonesia,” tutur Alex.

Selain itu, Head of Marketing Alibaba Cloud Indonesia & Vietnam juga menilai bahwa penggunaan infrastruktur cloud akan menjadi tren utama hingga 10 tahun ke depan. Cloud computing juga tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan multinasional, tetapi juga akan sangat membantu UMKM untuk berkembang ke berbagai sektor atau industri dengan go digital.

Dukungan teknologi komputasi awan dari Alibaba Cloud bagi UMKM ini pun telah dirasakan bagi banyak pihak, terutama untuk pengembangan bisnis yang dimiliki. Hal ini seperti disampaikan oleh Ficky Septian Ali, Product Manager Niagahoster yang merupakan perusahaan rintisan untuk pengembangan dan pembuatan web hosting.

Menurut Ficky, sejak didirikan pada 2013 bisnis Niagahoster terus bertumbuh seiring dengan kebutuhan konsumen terkait server yang memiliki kapasitas besar. Oleh karena itu, Niagahoster kemudian memerlukan mitra teknologi raksasa di bidang cloud.

“Sejak 2020 kami mulai menggandeng Alibaba Cloud sebagai mitra karena menyediakan pilihan berbagai lokasi data center di Indonesia, menyediakan banyaknya fitur dengan teknologi canggih ini sangat penting untuk pemilik aplikasi dan website,” kata Ficky.

Menariknya, Ficky menjelaskan, Alibaba Cloud sangat mengerti bagaimana Niagahoster memiliki konsumen yang rata-rata skala usahanya adalah UMKM sehingga membutuhkan teknologi tinggi dengan biaya murah agar bisnis konsumen dapat memiliki daya saing dan bertumbuh.

Komputasi awan dari Alibaba Cloud kemudian disebut mempercepat transformasi digital bagi banyak bisnis, terutama bagi UMKM dengan biaya yang tidak terlalu menekan. Cloud memberikan dukungan usaha untuk dapat lebih berkembang di pasaran dan memperoleh banyak konsumen.


Bagikan artikel ini