Antares Easy: Solusi IoT untuk Keamanan dan Efisiensi UKM


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

Dalam era digitalisasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, pilar ekonomi nasional terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) kini memasuki era revolusi digital dengan dukungan aplikasi inovatif. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui peran vital UKM dalam perekonomian, namun menyoroti tantangan mereka seperti persaingan ketat dan keterbatasan teknologi.

Dalam menjawab kebutuhan UKM, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Indibiz, memperkenalkan solusi digital terbaru mereka, yaitu aplikasi Antares Easy berbasis Internet of Things (IoT). Aplikasi ini bertujuan mempermudah pemilik UKM dalam mengelola aset operasional bisnis mereka, mulai dari rumah, toko, hingga ruang usaha lainnya.

Antares Easy, dikembangkan oleh Indibiz, memungkinkan pemilik usaha untuk mengawasi dan mengatur aset serta sistem keamanan dengan presisi. Iwan Rusdarmono, Vice President Enterprise Business Orchestration Telkom, menjelaskan bahwa aplikasi ini dapat memberikan efisiensi operasional yang signifikan, berkontribusi pada penghematan biaya yang dapat diinvestasikan kembali ke dalam bisnis.

"Dengan sistem ini, pelaku usaha bisa mengawasi dan mengatur aset dan sistem keamanannya secara presisi. Hal ini tentunya berujung pada penghematan biaya operasional yang signifikan sehingga bisa dialokasikan untuk keperluan penting lainnya," ujar Iwan.

Antares Easy memiliki berbagai fitur unggulan, termasuk Smart Security yang memanfaatkan teknologi cloud computing untuk memberikan rekaman keamanan real-time yang dapat diakses kapan saja. Aplikasi ini juga kompatibel dengan berbagai perangkat pintar dari berbagai merek, memungkinkan UKM untuk mengontrol dan memantau perangkat dari jarak jauh melalui smartphone atau tablet.

Selain solusi keamanan, Antares Easy juga memberikan efisiensi dalam pemakaian alat listrik dan peningkatan pengalaman pelanggan dengan layanan yang personal dan cepat. Sebagai ekosistem smart home, aplikasi ini mengintegrasikan berbagai perangkat seperti IP Camera, Smart Plug, Door Sensor, Wall Switch, Smart Lights, dan Smart Socket.

Proses berlangganan Antares Easy melalui Indibiz diakui sebagai langkah yang mudah, termasuk pembelian perangkat keamanan, pairing IP Camera dengan aplikasi, dan pilihan layanan tambahan seperti Cloud Recording. Sistem ini juga mendukung integrasi dengan CCTV yang sudah ada, memudahkan pelaku usaha yang telah memiliki sistem keamanan sebelumnya.

Antares Easy dari Indibiz Ruko diharapkan memberikan solusi lengkap untuk mendukung UKM di Indonesia dalam menjalankan bisnis dengan lebih aman dan efisien. Langkah ini sejalan dengan upaya nasional untuk mendigitalisasi ekonomi dan meningkatkan daya saing UKM di era digital.


Bagikan artikel ini